Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada mata diklat kewirausahaan kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu) / Devi Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada mata diklat kewirausahaan kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu) / Devi Anggraeni

Anggraeni, Devi (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada mata diklat kewirausahaan kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Islam Batu) / Devi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Students Teams Achievement Divisions and Students Achievement Peningkatan kualitas pendidikan tidak terlepas dari peran guru. Upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara memperhatikan siswa dalam menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran STAD merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan dikelas dengan harapan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan. Ada 3 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu (1) penerapan pembelajaran model STAD (2) peningkatan prestasi belajar siswa (3) respon hambatan dalam penerapan model STAD dan solusi dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Islam Batu dan penelitian ini dilakukan pada 26 Maret hingga 23 April 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Dalam penerapannya STAD terdiri dari 5 komponen utama yaitu (a) penyajian kelas (b) tim/kelompok (c) kuis (test) (d) skor peningkatan individu (e) rekognisi tim/penghargaan. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari aspek kognitif dimana rata-rata nilai guru 64 3 setelah diterapkan model pembelajaran STAD siklus I meningkat menjadi 79 12 dan siklus II meningkat 79 84 sedangkan untuk aspek afektif siswa didapat peningkatan dengan sebesar 30 16%. Dari hasil observasi respon siswa dalam pembelajaran model STAD mendapat respon sangat positif karena mereka tertarik dengan pembelajaran ini. Hambatan dalam pembelajaran ini adalah siswa masuk siang dan pembelajaran terpotong dengan istirahat sehingga menganggu konsentrasi belajar siswa untuk itu guru harus bisa memotivasi siswa agar pembelajaran bisa menarik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) bagi guru mata pelajaran kewirausahaan pembelajaran model STAD dapat dijadikan alternatif dalam praktik pembelajaran di kelas (2) bagi SMK Islam Batu dapat menciptakan lingkungan belajar dan sarana pembelajaran yang lengkap (3) bagi siswa hendaknya dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga model pembelajaran STAD terlaksana dengan baik. (4) bagi peneliti berikutnya diharapkan untuk melakukan penelitian dengan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran dan subjek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27762

Actions (login required)

View Item View Item