Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 2 Blitar) / Agustina Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 2 Blitar) / Agustina Kusumawati

Kusumawati, Agustina (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 2 Blitar) / Agustina Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Number Head Together Hasil Belajar dan Respon Siswa. Bentuk pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih banyak yang bersifat konvensional yang cenderung Teacher Oriented dari pada Student Oriented sedangkan siswa hanya mendengar mencatat dan mengerjakan soal yang diperintahkan oleh guru. Pembelajaran seperti ini yang menjadikan siswa cenderung pasif tidak dapat mengembangkan wawasannya dan menjadikan siswa jenuh pada saat pembelajaran berlangsung. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam setiap proses belajar siswa diberi kesempatan dalam menyampaikan segala ide pendapat saran beserta gagasan-gagasan yang dimiliki oleh siswa. Salah satu pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara langsung adalah pembelajaran kooperatif model Number Head Together dimana siswa dituntut lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran baik fisik ataupun mental. Number Head Together adalah model pembelajaran yang mempunyai 4 langkah yaitu (1) Numbering (penomoran) (2) Questioning (mengajukan pertanyaan) (3) Head Together (berpikir bersama) (4) Answering (pemberian jawaban). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan penerapan model Number Head Together pada siswa kelas X Ak 1 Mata Diklat Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Blitar (2) meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model Number Head Together (3) respon siswa kelas X Ak 1 SMK Negeri 2 Blitar terhadap penerapan model NHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subyek penelitian adalah siswa kelas X Ak 1 SMKN 2 Blitar Tahun Ajaran 2011/2012. Kompetensi Dasar mengelola konflik dan pengumpulan data berupa lembar observasi lembar wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi (berupa foto). Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model Number Head Together (1) menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran tanggung jawab mandiri dalam belajar dan mampu bekerja sama dengan baik (2) meningkatkan ranah kognitif rata-rata ulangan harian adalah 63 67 sedangkan pada rata-rata post test I 57.35 terjadi penurunan sebesar 9 9%. Akan tetapi terjadi peningkatan pada post test sebesar 12 65 dari Siklus I sebesar 57 35 dan Siklus II sebesar 83 23. (3) respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Number Head Together memberikan respon positif yang artinya bahwa siswa menyukai dan setuju adanya pembelajaran NHT. Hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru SMK Negeri 2 Blitar penerapan NHT sebagai alternatif pilihan dalam metode pembelajaran konvensional (2) bagi peserta didik SMK Negeri 2 Blitar diharapkan siswa dapat bekerja sama saling menghargai dan berani mengemukakan pendapat (3) Dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan penerapan model pembelajaran Number Head Together dengan menggunakan mata diklat dan subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27761

Actions (login required)

View Item View Item