Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi representasi pada materi kesetimbangan kimia berdasarkan model pembelajaran daur belajar representasi (DBR) / Agus Bimantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi representasi pada materi kesetimbangan kimia berdasarkan model pembelajaran daur belajar representasi (DBR) / Agus Bimantoro

Bimantoro, Agus (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi representasi pada materi kesetimbangan kimia berdasarkan model pembelajaran daur belajar representasi (DBR) / Agus Bimantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi kesetimbangan kimia memiliki tiga tingkat representasi. Ketiga tingkat representasi ini perlu diintegrasikan dalam kompetensi representasi yang disusun dalam suatu media pembelajaran berbasis model pembelajaran yang mengakomodasi kompetensi representasi untuk mempermudah peserta didik dalam mempelajarinya. Salah satu media pembelajaran tersebut ialah bahan ajar yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya (1) mengembangkan bahan ajar berbasis kompetensi representasi berdasarkan model pembelajaran Daur Belajar Representasi (DBR) pada materi kesetimbangan kimia yang valid dan layak (2) melakukan analisis bahan ajar yang dikembangkan terhadap hasil uji validitas dan (3) melakukan analisis uji validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis model pembelajaran Daur Belajar Representasi dengan bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan desain penelitian dan pengembangan model 4-D oleh Thiagarajan dkk (1974) yang terdiri dari empat tahapan yang meliputi define design develop dan disseminate. Namun tahap disseminate tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket validasi untuk bahan ajar dan RPP. Validasi pengembangan bahan ajar dilaksanakan oleh validator dari dosen dan guru. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif dikaji menggunakan teknik statistika deskriptif yang kemudian diinterpretasikan ke dalam kriteria tertentu menurut skala Likert. Sementara itu data kualitatif dikaji menggunakan analisis deskriptif. Uji validasi bahan ajar dan RPP menghasilkan nilai rata-rata masing-masing sebesar 90% dengan kriteria sangat valid. Bersumber pada hasil penelitian tersebut penggunaan bahan ajar yang telah dikembangkan memiliki kriteria sangat layak dengan sedikit revisi untuk digunakan dan dapat dikembangkan ke tahapan lebih lanjut yaitu disseminate (penyebaran).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277581

Actions (login required)

View Item View Item