Penerapan model pembelajaran stad (student teams achievement divisions) terintegrasi media sosial instagram dengan pendekatan multirepresentasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi / Elvira Risva Firda Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran stad (student teams achievement divisions) terintegrasi media sosial instagram dengan pendekatan multirepresentasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi / Elvira Risva Firda Amalia

Amalia, Elvira Risva Firda (2023) Penerapan model pembelajaran stad (student teams achievement divisions) terintegrasi media sosial instagram dengan pendekatan multirepresentasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi / Elvira Risva Firda Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi melalui penerapan model pembelajaran STAD terintegrasi Instagram terhadap dengan pendekatan multi representasi. Rancangan penelitian yang digunakan yakni metode Quasi Experimental dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Malang yang menjadi subjek penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling dengan jumlah siswa pada kelas XI MIPA 1 sebanyak 33 siswa dan siswa kelas XI MIPA 2 sebanyak 31 siswa. Data motivasi belajar siswa dianalisis secara deksriptif kuantitatif berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa. Analisis data hasil belajar dilakukan melalui uji statistik meliputi uji prasyarat analisis serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar yang dimiliki siswa mengalami peningkatan menjadi 85% pada kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji hipotesis berupa Uji Mann-Whitney yang dilakukan mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0 01 menunjukan adanya perbedaan hasil pembelajaran pada post test. Berdasarkan hasil uji N-gain kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran terintegrasi Instagram sebesar 0 74 dan kelas kontrol dengan media pembelajaran PowerPoint sebesar 0 59. Hasil uji N-gain tersebut menunjukan peningkatan hasil pembelajaran kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Model pembelajaran STAD terintegrasi Instagram cukup efektif diterapkan pada pembelajaran kimia materi laju reaksi dan dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277580

Actions (login required)

View Item View Item