Profil persepsi tpack guru kimia di Jawa Timur dan korelasinya terhadap penyusunan RPP pada materi laju reaksi / Maya Oki Septiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil persepsi tpack guru kimia di Jawa Timur dan korelasinya terhadap penyusunan RPP pada materi laju reaksi / Maya Oki Septiani

Septiani, Maya Oki (2022) Profil persepsi tpack guru kimia di Jawa Timur dan korelasinya terhadap penyusunan RPP pada materi laju reaksi / Maya Oki Septiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era digital menyebabkan terjadinya perubahan paradigma dalam bidang pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Perubahan tersebut berimplikasi terhadap tuntutan kemampuan yang harus dimiliki guru pada abad 21 ini. Ada tiga komponen pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru kimia yaitu Technological Knowledge (TK) Pedagogical Knowledge (PK) dan Content Knowledge (CK). Tiga komponen tersebut dipadukan dalam sebuah framework Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Materi laju reaksi merupakan salah satu topik pembelajaran kimia yang sering memicu terjadinya miskonsepsi karena konsep di dalamnya bersifat matematis teoritis dan memerlukan kemampuan representasi yang tinggi untuk dapat memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil persepsi TPACK guru kimia di Jawa Timur dan korelasinya terhadap RPP pada materi laju reaksi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dan melibatkan 30 guru kimia di Jawa Timur sebagai responden. Instrumen yang digunakan terdiri dari kuesioner dan RPP. Analisis RPP pada materi laju reaksi bertujuan untuk mengetahui korelasi persepsi TPACK terhadap rencana pembelajaran yang disusun oleh guru. Data dianalisis menggunakan likert skala lima. Hasil survei menunjukkan bahwa persepsi TPACK guru kimia di Jawa Timur pada materi laju reaksi berada pada kategori baik. Guru dengan pengalaman mengajar 1-10 tahun memiliki skor persepsi TPACK yang lebih tinggi daripada guru dengan pengalaman lebih dari 10 tahun meskipun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan tetapi aspek usia dan status sertifikasi berkorelasi positif terhadap peningkatan skor persepsi TPACK. Guru yang telah tersertifikasi dan yang berusia lebih dari 45 tahun memiliki skor tinggi pada aspek pedagogi dan konten tetapi lemah pada aspek teknologi. Kelemahan pada aspek teknologi tersebut berkorelasi rencana pembelajaran yang disusun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277577

Actions (login required)

View Item View Item