Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Amna Utyta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Amna Utyta

Utyta, Amna (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Amna Utyta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar sangat diperlukan oleh pendidik sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam pembelajaran kimia. Bahan ajar dalam ilmu kimia yang bisa digunakan untuk menjelaskan isi materi salah satunya yaitu terdapat tiga level representasi kimia. Salah satu ilmu kimia yang dirasa sulit yaitu materi kelarutan dan hasil kali kelarutan oleh peserta didik kelas XII MIPA. Oleh karena itu materi kelarutan dan hasil kali kelarutan ini diperlukan bahan ajar yang dapat divisualisasi dengan representasi kimia dan dapat dijelaskan dengan kompetensi representasi. Berdasarkan uraian di atas tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia representasi kimia dan kompetensi representasi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang layak. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan four-D yang dikembangkan oleh Thiagaraja dkk (1974) yang meliputi 1) define (mendefinisikan) 2) design (merancang) 3) develop (mengembangkan) 4) disseminate (menyebarluaskan). Namun pada tahap disseminate tidak dilakukan karena terbatasnya waktu dan biaya. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan yaitu uji validasi dan uji keterbacaan. Validasi produk dilakukan oleh dua validator yang terdiri dari satu orang dosen kimia dan satu orang guru mata pelajaran kimia. Uji keterbacaan dilakukan pada 15 siswa kelas XII MIPA 2 di SMA Negeri 5 Malang. Hasil validasi rata-rata keseluruhan dapat disimpulkan bahwa diperoleh presentase kelayakan bahan ajar sebesar 74% (layak). Berdasarkan hasil uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa diperoleh persentase 86% yang menunjukkan bahwa kualitas dari bahan ajar kelarutan dan hasil kali kelarutan tersebut adalah sangat layak serta dapat ditindaklanjuti dengan megembangkan lebih lanjut ke tahap disseminate (menyebarluaskan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277576

Actions (login required)

View Item View Item