Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi termokimia / Abidatur Rohmaniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi termokimia / Abidatur Rohmaniyah

Rohmaniyah, Abidatur (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi termokimia / Abidatur Rohmaniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kimia adalah cabang ilmu alam yang mempelajari komposisi struktur sifat dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. Pembelajaran kimia harus dapat merangsang berpikir ilmiah dan kreatif serta tanggap terhadap praktik yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Termokimia merupakan salah satu materi dalam pembelajaran kimia di SMA yang mengandung konsep abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar termokimia berbasis pemahaman konsep kimia representasi kimia dan kompetensi representasi dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar termokimia berbasis pemahaman konsep kimia representasi kimia dan kompetensi representasi sebagai bahan ajar bagi siswa. Model yang digunakan dalam penelitianpengembangan ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) analisis (analysis) (2) rancangan (design) (3) pengembangan (development) (4) implementasi (implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Pada penelitian ini pengembangan bahan ajar hanya dilakukan sampai tahap ke-3 yaitu pengembangan (development). Validator bahan ajar terdiri dari satu dosen kimia dan satu guru kimia SMA/MA. Subjek uji keterbacaan dilakukan pada 26 siswa-siswi kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Manyar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa data angket validasi dan angket uji keterbacaan. Data yang diperoleh kemudian dihitung menggunakan skala Likert disertai komentar dan saran dari validator dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil validasi bahan ajar yang dikembangkan memiliki rata-rata persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat layak sedangkan hasil uji keterbacaan persentase sebesar 87% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian bahan ajar bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia representasi kimia dan kompetensi representasi pada materi termokimia yang dikembangkan dapat dianggap layak dilanjutkan pada tahap implementasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277575

Actions (login required)

View Item View Item