Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan kemampuan Literasi Kimia dan hasil belajar kognitif siswa pada materi ikatan kimia / Samudra Mutiara Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan kemampuan Literasi Kimia dan hasil belajar kognitif siswa pada materi ikatan kimia / Samudra Mutiara Hasanah

Hasanah, Samudra Mutiara (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan kemampuan Literasi Kimia dan hasil belajar kognitif siswa pada materi ikatan kimia / Samudra Mutiara Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan literasi kimia siswa SMA yang dinilai rendah terutama pada kemampuan menjelaskan konsep makroskopis dalam bentuk struktur molekul mikroskopis menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan menghubungkan konsep sains dengan isu sains dalam kehidupan sehari-hari. Rendahnya kemampuan literasi kimia juga berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Integrasi teknologi augmented reality pada bahan ajar yang diterapkan dalam proses pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar yang valid serta menguji keefektifan bahan ajar tersebut terhadap kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif pada materi ikatan kimia. Objek penelitian terdiri dari 12 siswa untuk uji coba produk 32 siswa kelas eksperimen untuk implementasi bahan ajar dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian menggunakan metode R amp D (Research and Development) dengan model ADDIE. Selain itu digunakan metode penelitian quasi experimental dengan nonequivalent pretest-postest control group design dalam mengimplementasikan bahan ajar. Kerangka analisis data terdiri atas analisis deskriptif uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov uji homogenitas menggunakan Levene Test uji prasyarat dan uji anakova untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif antara siswa di kelas eksperimen yang diajar menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan siswa di kelas kontrol. Produk bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata validasi materi media perangkat pembelajaran masing-masing adalah 92.7% 95.8% dan 93.16% yang menunjukkan bahwa bahan ajar dinilai valid untuk digunakan. Adapun hasil uji keterbacaan bahan ajar dan respon siswa pada uji coba menghasilkan rata-rata sebesar 93.80% yang menunjukkan bahwa bahan ajar sudah praktis digunakan. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata sebesar 96.4%. Data pretest dan posttest yang diperoleh dari tahap implementasi dianalisis melalui uji anakova dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai signifikansi pada aspek kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif masing-masing sebesar 0.035 dan 0.012 ( lt 0 05) yang menandakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif pada siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga bahan ajar memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif siswa. Bahan ajar berbasis learning cycle 5E terintegrasi augmented reality pada materi ikatan kimia valid dan efektif digunakan disebabkan karena terdapat perbedaan kemampuan literasi kimia dan hasil belajar kognitif yang signifikan diantara siswa kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277574

Actions (login required)

View Item View Item