Penerapan metode pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Nuning Wahyuning - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Nuning Wahyuning

Wahyuning, Nuning (2012) Penerapan metode pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Nuning Wahyuning. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Hasil belajar Kewirausahaan Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kurang memenuhi standart atau rendah. Oleh karena itu peneliti perlu meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara menerapkan metode pembelajaran kooperatif yang disukai oleh siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan dan angket belajar afektifi siswa. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan hasil nilai UH 1 semester 1 yang diketahui dari wali kelas dengan hasil post-test yang diberikan pada saat akhir penerapan. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada saat UH 1 sebanyak 10 siswa (33%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 20 siswa (67%). Hasil post-test siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (67%) dan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa (33%). Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan siklus I yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (22%) dan yang belum tuntas sebanyak 20 siswa (67%). Walaupun pada post-test siklus II masih terdapat siswa yang belum tuntas ini adalah hal yang wajar karena cukup sulit untuk mencapai taraf keberhasilan 100% siswa tuntas semua. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru Kewirausahaan di SMK pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas karena tidak semua materi pelajaran cocok dengan model pembelajaran ini (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada pengajaran mata diklat yang sama atau mata diklat lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran dan dalam penelitian hendaknya satu kelompok diamati oleh satu observer agar data yang dianggap penting tidak terlewati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27755

Actions (login required)

View Item View Item