Penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (Studi kasus siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Wisnu Wardhana) / - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (Studi kasus siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Wisnu Wardhana) /

Anggreini, Nur (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (Studi kasus siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Wisnu Wardhana) /. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif CIRC Motivasi belajar Hasil belajar Berdasarkan hasil observasi di kelas X AP 1 SMK Wisnu Wardhana Malang terdapat beberapa masalah diantaranya adalah tidak semua siswa mengikuti penjelasan guru namun siswa enggan untuk bertanya guru cenderung menggunakan metode ceramah merangkum lalu memberikan tugas siswa cenderung masih belajar hanya dengan cara menghafal mencatat materi dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan siswa kurang termotivasi ketika mengikuti kegiatan belajar di kelas. Kondisi seperti ini mengakibatkan pemahaman siswa rendah karena mereka cenderung pasif dan hal ini juga berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Wisnu Wardhana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Pengumpulan data Data Reduction(Reduksi Data) Data Display(Penyajian Data) dan Conclusion Drawing(Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor tertinggi yang diperoleh adalah 85 dan skor maksimalnya 96 dengan presentase nilai rata-rata 88 54% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Pada siklus II skor tertinggi yang diperoleh adalah 89 dan skor maksimalnya 96 dengan presentase nilai rata-rata 92 70% dan termasuk dalam kategori sangat baik Walaupun peningkatannya kurang signifikan dan terdapat beberapa siswa yang justru mengalami penurunan akan tetapi secara keseluruhan pembelajaran ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II. Pada siklus 1 Peningkatan nilai rata-rata dari pre-test 54 24 dan post-test sebesar 68 82. Pada siklus 2 peningkatan nilai rata-rata dari pre-test56 dan post-test sebesar 74 54. Sedangkan peningkatan persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 67 46% menjadi 73 59%. Jadi peningkatan persentase ketuntasan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6 13%. iii Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru Kewirausahaan di SMK Wisnu Wardhana hendaknya harus mencoba menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam proses pembelajaran karena dengan menggunakan model pembelajaran CIRC motivasi dan hasil belajar siswa meningkat (2) Bagi Peneliti berikutnya diharapkan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model yang sama pada mata pelajaran yang sama/beda namun dalam tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27754

Actions (login required)

View Item View Item