Penerapan pembelajaran kooperatif model Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Selvia Aziza - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Selvia Aziza

Aziza, Selvia (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Selvia Aziza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Hasil belajar Kewirausahaan Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 6 Maret 2012. Untuk mengetahui hasil belajar siswa peneliti memberikan tes pada siswa. Tes yang diberikan berbentuk pilihan ganda yang dilaksanakan pada awal (pre-test) dan akhir (post-test) pembelajaran. Keberhasilan tindakan diukur dengan pencapaian hasil belajar disesuaikan dengan Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang digunakan pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen yaitu ketuntasan minimal 70 00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode Make A-Match dilaksanakan dengan 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan (2) Penerapan model pembelajaran Make A-Match dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan tersebut ditunjukkan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 76% menjadi 82 33% dan dapat dikategorikan Sangat Baik. Pada ranah afektif terjadi peningkatan dari silkus I yaitu 46 67% menjadi 80 91% dan dapat dikategorikan Tinggi/Akif. (3) Hasil observasi aktivitas siswa siklus 1 diperoleh 69 35%. Pada siklus 2 hasil observasi aktivitas siswa diperoleh 85 80% dan dapat dikategorikan Tinggi/Aktif (4) Keaktifan siswa yang diperoleh pada siklus I diperoleh hasil 55 83%. Pada siklus II diperoleh hasil 85 27% dan dapat dikategorikan Tinggi/Aktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Make A-Match pada mata pelajaran Kewirausahaan di kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen berjalan dengan lancar. Terdapat 6 tahapan dalam penerapan model pembelajaran Make A-Match diantaranya (1) Menyiapkan kartu jawaban dan kartu soal sesuai konsep (2) Membagikan kartu kepada siswa (3) Siswa mencari pasangan (4) Siswa maju ke depan bersama pasangannya (5) Memberi Point (6) Membuat Kesimpulan. Penerapan model Make A Match (mencari pasangan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan belajar siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu pembelajaran kooperatif model Make A-Match dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas karena tidak semua materi pelajaran cocok dengan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27752

Actions (login required)

View Item View Item