Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI Wlingi / Dian Permanasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI Wlingi / Dian Permanasari

Permanasari, Dian (2012) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI Wlingi / Dian Permanasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Based Learning Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah agar aktivitas belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning (2) Bagaimana aktivitas belajar setelah diterapkan Model Problem Based Learning (3) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) Apakah kendala-kendala dan solusi selama pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara catatan lapangan dokumentasi dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK PGRI Wlingi tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 38 orang siswa dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan aktivitas dengan rublik penilaian dan hasil belajar siswa dilihat dari hasil ulangan dan post test. Peningkatan taraf keberhasilan dapat ditinjau dari aspek aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan siklus II aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa aspek kognitif dan aspek afektif. Aspek kognitif yang dilihat dari hasil ulangan dan post test sedangkan aspek afektif dilihat dari rublik penilaian. Kesimpulan yang diperoleh dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu 1) Bagi Guru mata pelajaran kewirausahaan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat 2) Bagi Kepala Sekolah SMK PGRI Wlingi sarana dan prasarana pembelajaran ditingkatkan 3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat memadukan model pembelajaran yang lain pembentukan kelompok dengan anggota yang lebih sedikit serta dalam menyusun RPP alokasi waktu pointnya lebih terinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27750

Actions (login required)

View Item View Item