Sari, Indah Maya (2012) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Kartika IV-1 Malang) / Indah Maya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Numbered Heads Together (NHT) dan Hasil Belajar Model pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu berceramah dan diskusi. Model pembelajaran yang demikian menyebabkan nilai rata-rata kelas siswa rendah hal ini terjadi karena siswa tidak ada yang menanggapi dan mengajukan pertanyaan kepada guru tentang materi yang telah dijelaskan karena interaksi antara guru dan siswa terlihat kurang. Seharusnya guru lebih aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru yang menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dinamis tidak monoton sesuai dengan materi situasi dan kondisi siswa. Strategi pembelajaran yang aktif kreatif efektif dan menyenangkan dapat dilakukan dengan berbagai model pembelajaran. Salah satu alternatifnya yaitu menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) model pembelajaran ini yaitu berupa diskusi dalam kelompok kecil yang efektif untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dan mampu bekerjasama dengan menggunakan nomor untuk menarik siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan (2 Siklus). Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas X Tata Kecantikan SMK KartikaIV-1 Malang pada bulan Maret 2012 dan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil belajar dalam penelitian ini meliputi dua aspek yaitu aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I siswa yang tuntas belajar dari aspek kognitif sebanyak 11 siswa (33 33%) dan dari aspek afektif sebanyak 21 siswa (67 74%). Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan meskipun belum 100% yaitu dari aspek kognitif sebanyak 29 siswa (87 89%) dan aspek afektifnya sebanyak 25 siswa (92 59%). Adapun saran yang dapat diajukan yaitu 1) Bagi guru kewirausahaan diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar karena akan membuat siswa menjadi lebih aktif kreatif dan mandiri 2) Bagi siswa diharapkan mempersiapkan diri dengan belajar telebih dahulu sebelum mengikuti pembelajaran sehingga pada saat diskusi kelas siswa mudah mengikuti pembelajaran dan bisa bersosialisasi dengan teman dalam satu kelas 3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dan mencapai ketuntasan hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |