Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X JB 2 di SMKN 7 Malang / Ishariatias Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X JB 2 di SMKN 7 Malang / Ishariatias Utami

Utami, Ishariatias (2012) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X JB 2 di SMKN 7 Malang / Ishariatias Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Hasil Belajar. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X JB 2 SMKN 7 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini bersifat kualitatif dimana jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMKN 7 Malang kelas X JB 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari antusiasme dan kerjasama siswa dalam kelompok. Di samping itu siswa tampak aktif kreatif dan produktif dalam belajar. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai pelaksanaan tindakan selesai. Kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran kewirausahaan mengalami peningkatan. Dari 34 orang siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 100% (34 orang) sudah tuntas belajar. Sebelumnya siswa yang tuntas di siklus I yaitu 27 siswa (79 41%). Hal ini berarti bahwa terjadi kenaikan persentase siswa yang tuntas dari siklus I ke siklus II sebanyak 20 59%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sedangkan kendala-kendala yang muncul antara lain siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran PBL dan masih ada siswa yang lebih mendominasi dalam diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27748

Actions (login required)

View Item View Item