Respati, Christina Ria (2012) Penerapan pembelajaran kontektual inkuiri berbasis Lesson Study pada mata pelajaran pelayanan prima untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (Studi kasus pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 2 Pacitan) / Christina Ria Respati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Inkuiri lesson study aktivitas hasil belajar. Karena kompetisi dalam bidang apapun semakin ganas menuntut setiap individu dalam suatu negara untuk berkualitas dalam spesialisasi mereka sendiri. Namun saat ini masalah adalah kurangnya kompetensi siswa karena kurangnya strategi penyampaian bahan ajar sehingga siswa menjadi malas konsentrasi kurang dalam belajar dan tidak mampu memahami pelajaran. Kurangnya strategi pembelajaran mengakibatkan proses pembelajaran dari tidak fokus tidak efektif dan tidak efisien. Namun begitu banyak upaya dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa keaktifan dan pemahaman tentang pelajaran. Secara umum kajian ini berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan profesional dalam menangani pendidikan pengajaran dan proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Pacitan. Secara khusus penelitian ini berusaha untuk memberikan inovasi pembelajaran dengan menawarkan metode inkuiri berbasis lesson study untuk diterapkan pada mata pelajaran Pelayanan Prima untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif kualitatif. Sumber data adalah data primer yang dikumpulkan langsung dari tes wawancara kuesioner dan observasi dan data sekunder yang dikumpulkan dari arsip di SMK Negeri 2 Pacitan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Program Pemasaran SMK Negeri 2 Pacitan. Data dikumpulkan melalui instrumen dalam bentuk soal pretest dan posttest catatan lapangan observasi guru dan kegiatan siswa pengamatan studi pelajaran dokumentasi dan kuesioner yang kemudian dianalisis melalui reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dalam dua langkah yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis data penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan persentase dan deskriptif kualitatif. Temuan menunjukkan ada kemajuan dalam arti keaktifan belajar siswa seperti yang disajikan dalam perbandingan pengamatan siklus I (87 5%) untuk siklus II (96 43%) yang menunjukkan peningkatan sebanyak 8 93%. Peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pelayanan Prima juga dapat diamati pada rata-rata penilaian afektif siklus I (73 83%) ke II siklus (82 72%) yang menunjukkan peningkatan sebanyak 8 89%. Kenaikan hasil belajar siswa juga menunjukkan pada aspek kognitif (pretest dan posttest) pada siklus I setelah perlakuan skor rata-rata adalah 73 03 dan ketuntasan belajar sama sebanyak 60 71% yang pada siklus II setelah perlakuan skor rata-rata meningkat menjadi 84 82 dan ketuntasan belajar adalah 100%. Analisa kuesioner menunjukkan bahwa siswa Program Pemasaran kelas X SMK Negeri 2 Pacitan menerima pembelajaran inkuiri berbasis lesson study untuk diterapkan pada mata pelajaran Pelayanan Prima. Saran yang diberikan adalah sebagai berikut (1) Para guru mengalokasikan waktu sesuai dengan rencana pelajaran (2) para siswa mengikuti kelas dengan konsentrasi penuh karena melatih mereka untuk berpikir kritis (3) peneliti kemudian melakukan inovasi dalam metode pembelajaran sehingga mereka bisa mencapai hasil yang optimal dan (4) sebelum kelas dimulai para guru mempersiapkan pengelompokan siswa sehingga tidak akan membuang waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |