Kurniati, Yunita (2012) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa ada mata diklat kewirausahaan (kelas X jurusan analisis kimia 1 SMK Negeri 7 Malang) / Yunita Kurniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci problem based learning aktivitas belajar siswa hasil belajar Berdasarkan study pendahuluan yang dilakukan di SMK Negeri 7 Malang diketahui beberapa hambatan kegiatan pembelajaran pada kelas X Analisis Kimia 1 siswa yang kurang fokus pada pelajaran belum kondusif dan nilai ulangan harian siswa belum mencapai KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal) dengan Problem Based Learning diharapkan siswa dapat lebih aktif mengikuti pelajaran juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran model Problem Based Learning pada mata diklat Kewirausahaan pada siswa kelas X jurusan Analisis Kimia 1 SMK Negeri 7 Malang 2) Apakah aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning 3) Apakah hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning 4) Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat serta solusi penerapan pembelajaran model Problem Based Learning Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu (1) planning (2) action (3) observation serta (4) reflection. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Analisis Kimia 1 SMK Negeri 7 Malang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rencana pembelajaran lembar observasi angket dan pedoman wawancar teknik analisis mengguakan Uji-t dengan dukungan SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (1)aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. pada masing-masing aspek yaitu aspek keaktifan meningkat sebesar 12% aspek penyelesaian tugas meningkat sebesar 17% serta aspek diskusi meningkat sebesar 15%. Dari analisis menggunakan Uji-t sangat berpengaruh sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (2) Hasil belajar mengalami peningkatan rata-rata dibandingkan dengan nilai pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Guru maupun mahasiswa hendaknya memilih materi yang sesuai dengan kondisi lingkungan siswa model pembelajaran Problem Based Learning dibuat lebih variatif lagi misalnya terjun langsung ke lapangan untuk memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |