Kolaborasi problem based learning dan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X perkantoran SMK Ardjuna 1 Malang mata diklat kewirausahaan) / Devi Januari Cristina - Repositori Universitas Negeri Malang

Kolaborasi problem based learning dan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X perkantoran SMK Ardjuna 1 Malang mata diklat kewirausahaan) / Devi Januari Cristina

Cristina, Devi Januari (2012) Kolaborasi problem based learning dan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X perkantoran SMK Ardjuna 1 Malang mata diklat kewirausahaan) / Devi Januari Cristina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Based Learning Mind Mapping Kemampuan Berpikir Kreatif Hasil Belajar Siswa Hasil observasi di kelas X Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 1 Kota Malang diperoleh bahwa pembelajaran di kelas masih bersifat pemberian informasi dari guru kepada siswa yang mengakitbatkan siswa cenderung pasif dan kurang mandiri. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu dengan penerapan pembelajaran kolaborasi Problem Based Learning dan Mnd Mapping yang mengarahkan kepada siswa untuk mempelajari materi melalui pembelajaran berbasis masalah dan dibantu dengan teknik peta pikiran atau mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah berusaha untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis enelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 1 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan dan angket belajar afektifi siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I dengan poin B . Pada siklus II meningkat dengan perolehan poin A. Selain itu penilitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada saat akhir penerapan. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada saat pre-test siklus I sebanyak 4 siswa dan untuk post-test sebanyak 6 siswa untuk siswa yang tuntas belajar. Kemudian untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan siklus I yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa. Pada hasil belajar afektif siswa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dalam hal diskusi kelas dan diskusi kelompok. Walaupun pada post-test siklus II masih terdapat siswa yang belum tuntas ini adalah hal yang wajar karena cukup sulit untuk mencapai taraf keberhasilan 100% siswa tuntas semua.Kemampuan berpikir kreatif siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru SMK Ardjuna 1 Malang dengan model pembelajaran kolaborasi Problem Based Learning dan Mind Mapping perlu menjadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas karena tidak semua materi pelajaran cocok dengan model pembelajaran ini (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kolaborasi Problem Based Learning dan Mind Mapping pada pengajaran mata diklat yang sama atau mata diklat lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya bila masih ditemukan siswa yang belum tuntas belajar maka disarankan untuk melakukan siklus berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27743

Actions (login required)

View Item View Item