Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (kelas X Jurusan Busana Butik SMK Negeri 7 Malang) / Neny Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (kelas X Jurusan Busana Butik SMK Negeri 7 Malang) / Neny Susilowati

Susilowati, Neny (2012) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (kelas X Jurusan Busana Butik SMK Negeri 7 Malang) / Neny Susilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Jigsaw Motivasi Belajar Hasil Belajar Siswa Berdasarkan observasi diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran kurang siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model Jigsaw (2) meningkatkan motivasi belajar siswa (3)meningkatkan hasil belajar siswa dan (4) mengetahui respon siswa kelas X Busana Butik SMK Negeri 7 Malang setelah diterapkan model pembelajaran Jigsaw. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat deskriptif dan meggunakan analisis pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan observasi wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Sumber yang digunakan dalam penilitian ini adalah siswa kelas X jurusan Busana Butik SMK Negeri 7 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Jigsaw pada mata pelajaran Kewirausahaan berjalan dengan lancar walaupun pada saat pelaksanaan masih terdapat beberapa kekurangan. Rata-rata persentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I 68 63% menjadi 73 73% pada siklus II sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar aspek kognitif persentase keberhasilan siklus I adalah 77 27% mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 86 95. Di samping itu siswa tampak aktif dan kreatif dalam belajar. Penerapan pembelajaran model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan adalah penelitian yang telah dilakukan ini adalah agar sebaiknya dan sepatutnya pihak SMK Negeri 7 Malang tidak hanya memakai metode konvensional dalam pembelajaran sehari-hari tetapi juga memakai metode kooperatif agar siswa lebih aktif. Begitu juga model maupun media yang digunakan dalam pembelajaran sudah seharusnya lebih bervariasi sehingga membuat peserta didik tertarik dan bersemangat mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item View Item