Penerapan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada siswa kelas X Bidang Keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) di SMK Putikecwara Batu / Mimin Triana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada siswa kelas X Bidang Keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) di SMK Putikecwara Batu / Mimin Triana

Triana, Mimin (2012) Penerapan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada siswa kelas X Bidang Keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) di SMK Putikecwara Batu / Mimin Triana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Indonesia sebagai negara berkembang saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang mampu mendukung pembangunan-pembangunan di berbagai bidang. Menjelang era perdagangan bebas saat ini kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang professional semakin banyak dibutuhkan. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan akan SDM yang professional perlu adanya pembelajaran. Pendidikan formal adalah salah satu kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mencetak para tenaga professional. Sekolah Menengag Kejuruan (SMK) sebagai salah satu tingkat pendidikan menengah mengarahkan anak didik untuk mengembangkan potensi dirinya. Peserta didik tidak hanya diberi pengetahuan teoritis saja tetapi tetapi juga dibekali kegiatan yang sifatnya terapan dan aplikatif atau keseimbangan dan keserasian antara pengetahuan teori dan praktik (link and match) melalui kegiatan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan evaluasi serta factor pendukung dan factor penghambat program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) siswa kelas X bidang keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) SMK Putikecwara Batu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus tunggal dengan menganalisis gejala-gejala yang ada di suatu masalah. Penelitian ini terfokus pada kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) kelas X bidang keahlian Usaha Jasa Pariwisata. Penelitian ini dilakukan di SMK Putikecwara Batu dan institusi pasangan pada tanggal 30 Desember 2008 sampai 23 Pebruari 2009. Subyek dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang berperan dalam pelaksanaan program Pendidikan Sistem Ganda yaitu Kepala SMK Putikecwara Batu wakil kepala sekolah bagian kurikulum wakil kepala sekolah bagian hubungan masyarakat (humas) serta guru-guru yang ditunjuk menangani PSG. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumen dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini PSG pada siswa kelas X bidang keahlian Usaha Jasa Pariwisata di SMK Putikecwara Batu meliputi (1) Perencanaan program Pendidikan Sistem Ganda terdiri dari (a) rencana program PSG menggunakan model On The Job Training (OJT) dan persiapan kegiatan meliputi waktu kegiatan dilaksanakan sesuia dengan kondisi sekolah siswa kelas X bidang keahlian Usaha Jasa Pariwisata serta DU/DI sebagai tempat praktek kerja (b) pembekalan yang diberikan oleh panitia PSG UJP sebelum siswa berangkat ke DU/DI yang terdiri dari pembekalan materi teori dan praktek kunjungan ke DU/DI dan penjelasan umum tentang kegiatan PSG (c) penempatan siswa pada DU/DI. (2) Pelaksanaan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan menyusun (a) organisasi kepanitiaan PSG UJP serta mekanisme kerjanya (b) pengelolaan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan di dua tempat yaitu di sekolah dan tempat pelatihan kerja industry pariwisata (c) monitoring PSG yang dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap (3) Evaluasi program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dapat digunakan untuk perbaikan dalam perencanaan pada program berikutnya. Penilaian pada PSG dilakukan dengan cara menggabungkan nilai hasil pekerjaan di institusi pasangan ke nilai mata pelajaran yang sesuai dengan praktek kerja. (4) Faktor pendukung pelaksanaan PSG antara lain (a) siswa kelas X bidang keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) (b) orang tua siswa (c) SMK Putikecwara Batu (d) institusi pasangan (e) masyarakat umum. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program PSG antara lain (a) masih minimnya industri pariwisata di kota Batu (b) kontrak kerja sama MOU (Memorandum Of Understanding) antara SMK Putikecwara Batu dengan institusi pasangan (c) monitoring dari sekolah hanya dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan selama masa PSG yaitu 3 (tiga) bulan (d) kurangnya materi pembelajaran produktif dari sekolah (e) kecerobohan siswa dalam penggunaan fasilitas/sarana prasarana yang dipergunakan dalam praktek kerja sehingga berakibat merugiakan DU/DI. Untuk mengatasi hambatan tersebut panitia PSG melakukan beberapa cara antara lain (a) menjalin kerja sama dengan industri pariwisata yang ada di luar Kota Batu (b) mengajukan surat permohonan PSG pada DU/DI (c) panitia PSG memberikan tugas kepada siswa berupa soal-soal uraian yang berkaitan dengan mata pelajaran produktif (d) panitia PSG UJP dan instruktur PSG dari DU/DI menanamkan rasa memiliki pada fasilitas yang digunakan praktek kerja siswa sehingga siswa berhati-hati dalam penggunaan fasilitas tersebut dan ikut merawatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27741

Actions (login required)

View Item View Item