Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran 3 SMKN I Magetan / Ety Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran 3 SMKN I Magetan / Ety Wulandari

Wulandari, Ety (2012) Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran 3 SMKN I Magetan / Ety Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Number Head Together Hasil Belajar. Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Kualitas pendidikan yang rendah adalah suatu permasalahan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Berdasarkan hal tersebut untuk meningkatkan hasil belajar siswa antara lain dapat dilakukan dengan menerapkan model-model pembelajaran yang merujuk kepada proses pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran NHT merupakan model pembelajaran yang menekankan pola interaksi antar sesama siswa dalam hal belajar baik menjawab pertanyaan menyanggah bahkan menyimpulkan materi pelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT (3) Mengetahui prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran NHT . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif terdiri dari dua siklus. masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan antara lain perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X PMS 3 dengan Mata Pelajaran Kewirausahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran) wawancara tes (pre-test dan post-test) catatan lapangan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui 3 tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada aspek kognitif siklus I menunjukkan 75 34% sedangkan siklus II menunjukkan 84 47% hal tersebut menjelaskan adanya peningkatan rata-rata sebesar 9.13%. sedangkan pada aspek afektif nilai rata-rata siklus I sebesar 78 94% dan pada siklus II sebesar 97 36%. Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 18.42%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Number Head Together(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan antara lain (1) Bagi guru SMKN 1 Magetan khususnya guru mata pelajaran Kewirausahaan sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran model Number Head Together sehingga model ini disarankan untuk diterapkan di kelas tetapi disesuaikan dengan materi yang diajarkan (2) Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian dengan situasi dan kondisi sekolah yang sama hendaknya menerapkan model pembelajaraan Number Head Together sehingga kemampuan dan hasil belajar siswa lebih meningkat lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27740

Actions (login required)

View Item View Item