Implementasi metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI penjualan SMK Wisnuwardhana Malang ) / Rafika Mahfud Ramadani <BR> <BR> <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI penjualan SMK Wisnuwardhana Malang ) / Rafika Mahfud Ramadani <BR> <BR> <BR>

Ramadani, Rafika Mahfud (2012) Implementasi metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI penjualan SMK Wisnuwardhana Malang ) / Rafika Mahfud Ramadani <BR> <BR> <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model numbered head together aktivitas belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil kajian teoritis dan empiris peneliti yang telah dilaksanakan di SMK Wisnuwardhana Malang ditemukan beberapa kendala yang menghambat proses pembelajaran pada mata pelajaran Pemasaran Barang dan Jasa di kelas XIPJ. Hambatan yang ditemui antara lain sarana dan prasarana belajar kurang mendukung kelas selalu pasif rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dari dominasi yang banyak dari guru sehingga sangat sulit untuk menimbulkan interaksi baik antara siswa dengan siswa satu sama lain maupun antara siswa dengan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XIPJ pada mata pelajaran Pemasaran Barang dan Jasa di SMK Wisnuwardhana Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian maka dilakukan kegiatan pembelajaran dengan implementasi metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklusnya terdapat beberapa tindakan yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan berdasarkan studi pendahuluan sedangkan Siklus II dilaksanakan berdasarkan rencana dari hasil refleksi Siklus I. Subyek penelitian ini adalah siswa progam keahlian Penjualan kelas XIPJ mata pelajaran Pemasaran Barang dan Jasa yang berjumlah 20 orang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini ada 3 yaitu metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together yang merupakan variabel bebas aktivitas dan hasil belajar siswa merupakan variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor yang diperoleh adalah 15 dan skor maksimalnya 24 dengan persentase nilai rata-rata 62 5% dan termasuk dalam kategori kurang baik. Pada siklus II skor yang diperoleh adalah18 dan skor maksimalnya 24 dengan persentase nilai rata-rata 74 5% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Walaupun peningkatannya kurang signifikan dan terdapat beberapa siswa yang justru mengalami penurunan akan tetapi secara keseluruhan pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu penilitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada saat akhir penerapan. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada saat pre-test sebanyak 5 siswa (14 8%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 15 siswa (85%). Hasil post-test siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (34 03%) dan yang belum tuntas sebanyak 8 siswa (66%). Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan siklus I yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (93 75%) dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (6 25%). Walaupun pada post-test siklus II masih terdapat siswa yang belum tuntas ini adalah hal yang wajar karena cukup sulit untuk mencapai taraf keberhasilan 100% siswa tuntas semua. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti berikutnya agar dapat menggunakan metode kooperatif dengan model-model pembelajaran inovatif yang lainnya seperti Cooperative Script Examples Non Examples Jigsaw Problem Based Introduction Student Teams-Achievement Divisions Think Pair and Share dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27738

Actions (login required)

View Item View Item