Shelviana, Fallerie (2012) Implementasi model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan kooperatif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran melaksanakan negosiasi) / Fallerie Shelviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran Mind Mapping Pendekatan Kooperatif Ketuntasan Belajar Hasil observasi pada tanggal 28 Juli 2011 menunjukkan bahwa menurut data kelas (sekolah) sebagian besar siswa (69%) tidak dapat memahami materi mata diklat Melaksanakan Negosiasi karena kurangnya pemahaman dan minat pada pelajaran tersebut. Artinya dari 26 siswa yang ada di kelas XI Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang sekitar 18 siswa diantaranya belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 7 50. Hal tersebut terbukti pada saat Ujian Tengah Semester (UTS) berlangsung. Selain itu siswa masih pasif dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat pada saat proses belajar-mengajar. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan Kooperatif dalam rangka mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang melalui model pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan Kooperatif. Untuk mencapai maksud tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind mapping dengan pendekatan Kooperatif dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 meningkat yaitu sebelum diberi tindakan 15 38% dan sesudah diberi tindakan menjadi 61 54%. Begitu juga dengan siklus 2 sebelum diberi tindakan 42 31% dan sesudah diberi tindakan menjadi 96 15%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan Kooperatif dapat mencapai ketuntasan belajar siswa kelas XI Pemasaran SMK muhammadiyah 2 Malang pada mata diklat Melaksanakan Negosiasi dengan pokok bahasan Perilaku Konsumen dan Pelayanan Pelanggan. Bagi guru mata diklat Melaksanakan Negosiasi disarankan menggunakan model pembelajaran tersebut sebagai variasi dalam mengajar sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat lebih memodifikasi dan mengembangkan model pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan Kooperatif agar lebih menarik untuk dipelajari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |