Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Tulungagung / Sony Wijayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Tulungagung / Sony Wijayanto

Wijayanto, Sony (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Tulungagung / Sony Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Think Pair Share Motivasi Hasil Belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi Ekonomi di SMK PGRI I Tulungagung diperoleh informasi bahwa motivasi dan hasil belajar sebagian besar siswa masih rendah. Proses pembelajaran Ekonomi di SMK PGRI I Tulungagung belum terpusat pada siswa (Student centered). Hal itu karena pembelajaram masih menggunakan metode ceramah tanya jawab atau membahas Lembar Kerja Siswa (LKS) sehingga siswa tidak terlalu aktif dalam pembelajaran dan kurang menimbulkan meningkatan dalam diri siswa untuk belajar Ekonomi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS). Pembelajaran ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit memberikan siswa waktu lebih banyak untuk berpikir menjawab dan saling membantu sama lain. Saat pertanyaan diajukan ke seluruh siswa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan sebelum dilaporkan kepada kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas SMK PGRI I Tulungagung melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 13Agustus2011sampai dengan tanggal 20 september 2011 Data penelitian hasil belajar siswa diperoleh melalui observasi selama penelitian dan angket yang diberikan pada setiap akhir siklus sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 7 32%. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan rerata sebesar 7 65 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 40% Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X-G SMK PGRI I Tulungagung sehingga dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model TPS pada pokok bahasan yang lain. Guru dapat menciptakan suatu variasi pembelajaran seperti menggabungkan pembelajaran kooperatif model TPS atau pembelajaran kooperatif yang lain dengan kegiatan praktikum untuk menghindari perasaan bosan pada siswa. Guru disarankan lebih banyak memberikan reinforcement sehingga siswa akan lebih meingkatkan dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27736

Actions (login required)

View Item View Item