Wulandari, Mey (2023) Pengembangan formative feedback berbasis web pada materi kalor dan perpindahan kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA / Mey Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar dalam mempelajari fisika. Kenyataan menunjukkan pemahaman konsep fisika rendah salah satunya pada pokok bahasan kalor dan perpindahan kalor. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan adalah mengembangkan formative feedback berbasis web. Penelitian ini bertujuan mengembangkan formative feedback berbasis web pada materi kalor dan perpindahan kalor. Pengembangan produk menggunakan model 4D (Define Design Development Disseminate) namun dibatasi hanya sampai tahap development saja. Uji validasi produk dilakukan oleh validator ahli media dan materi serta validator praktisi pendidikan mata pelajaran fisika. Uji kepraktisan dilakukan oleh 30 siswa SMA kelas XII sedangkan uji efektivitas oleh 33 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 7 Malang. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan soal pretest sebelum penggunaan produk dan posttest setelah penggunaan produk. Setelah dilakukan uji N-Gain Score pada data hasil pretest-posttest diperoleh rata-rata presentase nilai N-Gain sebesar 81 78% yang masuk dalam kategori tinggi. Penelitian ini menghasilkan produk formative feedback berbasis web untuk materi kalor dan perpindahan kalor yang valid dan praktis serta mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/277358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |