Pengaruh e-scaffolding prosedural dalam pembelajaran inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada topik gerak harmonis / Adinda Rizqi Fejillya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh e-scaffolding prosedural dalam pembelajaran inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada topik gerak harmonis / Adinda Rizqi Fejillya

Fejillya, Adinda Rizqi (2022) Pengaruh e-scaffolding prosedural dalam pembelajaran inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada topik gerak harmonis / Adinda Rizqi Fejillya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu ketrampilan yang diperlukan pada abad 21 ialah Critical Thinking. Adanya penelitian ini diharapkan peserta didik bisa berupaya berpikir kritis terhadap suatu persoalan fisika pada topik Gerak Harmonis. Tujuan penelitian yakni agar mendukung guru dalam rangka membuat lingkungan belajar yang efektif. Skema penelitian menggunakkan quasi experiment nonequivalent control group design. Cara dalam pengambilan sample berdasarkan hasil pertimbangan guru dan dikategorikan sebagai 2 kelompok kelas yakni kontrol dan eksperimen. Taraf berpikir kritis peserta didik diukur melalui pre-test yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai dan post-test dilakukan sesudah selesainya pembelajaran dengan instrumen sejumlah 9 butir soal telah diuji empiris dan dikategorikan valid karena memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.804. Instrumen penelitian berupa RPP E-LKPD ber-scaffolding soal pre-test dan post-test. Cara akumulasi data berupa serangkain uji keterampilan berpikir kritis awal serta akhir terhadap peserta didik. Hasil data penelitian yang terkumpul dianalisis melalui analisis deskripsi statistik agar mengetahui nilai rata-rata dari 2 kelas. Karena terlihat selisih rata-rata nilai dari 2 kelas dan ingin mengetahui pengaruh perlakuan pada kedua kelas maka diuji menggunakkan uji ANCOVA menggunakan bantuan aplikasi windows SPSS v26. Sebelum dianalisis menggunakkan ANCOVA data di tes melalui uji coba prasyarat melalui uji normalitas homogenitas dan linearitas. Pada uji ANCOVA menggunakkan variabel kovarian adalah keterampilan awal peserta didik. Hasil penelitian secara statistik (sig lt 0 05) bisa ditarik kesimpulan bahwasanya adanya selisih yang signifikan mengenai keterampilan berpikir kritis antara kelas kontrol dan eksperimen. Pemberian e-scaffolding prosedural mempengaruhi peningkatan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen terhadap materi gerak harmonis sederhana sebesar 19%. Tingkat nilai rata-rata dan tingkat berpikir kritis peserta didik kelas kontrol termasuk dibawah dari kelas eksperimen. Taraf berpikir kritis peserta didik dipengaruhi oleh pemberian e-scaffolding prosedural dan proses pembelajaran inquiry yang melibatkan e-scaffolding prosedural selama kegiatan ilmiah. Hasil ini mengindikasikan bahwa implementasi integrasi e-scaffolding prosedural dalam model pembelajaran inquiry mampu memajukan tingkat berpikir kritis peserta didik terhadap materi gerak harmonik sederhana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277357

Actions (login required)

View Item View Item