Huda, Muhammad Samsul (2023) Pengembangan formative feedback berbasis web untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi momentum dan impuls / Muhammad Samsul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Momentum dan impuls merupakan salah satu topik pembahasan fisika yang membutuhkan pemahaman konsep yang baik karena cenderung abstrak dan sulit untuk dipelajari. Formative feedback menjadi salah satu alternatif yang digunakan dalam mengatasi kesulitan dan meningkatkan penguasaan konsep. Penelitian bertujuan mengembangkan produk formative feedback berbasis web pada materi momentum dan impuls dengan tema pembelajaran melalui masalah berbasis konteks kehidupan nyata. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R amp D) dengan pendekatan ADDIE yang melibatkan 1 orang dosen fisika dan 1 orang guru fisika sebagai validator serta 32 peserta didik pada uji coba dan 6 peserta didik pada uji efektivitas. Tahapan yang dilakukan antara lain analisis masalah terkait desain produk pengembangan produk dan uji coba produk. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Produk formative feedback dinyatakan valid dan layak digunakan berdasarkan hasil uji validitas dan penilaian. Hasil uji efektivitas yang dilakukan membuktikan bahwa penguasaan konsep peserta didik yang menggunakan produk formative feedback berbasis web lebih baik daripada menggunakan modul sebagai pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/277356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |