Pengaruh e-scaffolding dalam pembelajaran berbasis masalah (pbl) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma pada materi gelombang stasioner / Ismi Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh e-scaffolding dalam pembelajaran berbasis masalah (pbl) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma pada materi gelombang stasioner / Ismi Novita Sari

Sari, Ismi Novita Sari (2022) Pengaruh e-scaffolding dalam pembelajaran berbasis masalah (pbl) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sma pada materi gelombang stasioner / Ismi Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTs) siswa ialah kemampuan kognitif yang sangat penting bagi siswa abad 21 karena pembelajaran di abad 21 ini menekankan terhadap kemampuan siswa guna merumuskan permasalahan berpikir analitis dalam menyelesaikan masalah dan mencari tahu dari berbagai sumber sehingga siswa dituntut memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun demikian sedikit penelitian yang menunjukkan adanya e-scaffolding pada pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam pembelajaran fisika guna mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh e-scaffolding dalam pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi gelombang stasioner. Penelitian ini ialah quasi experiment memakai desain penelitian nonequivalent control group design yang terdiri atas dua kelompok kelas yakni kelas kontrol serta kelas eksperiment. Terdapat dua macam instrument yang dipakai dalam penelitian ini yakni instrument pembelajaran serta pengukuran. Instrument pembelajaran yang dipakai yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ber e-scaffolding yang sudah diuji oleh validator ahli sebesar 86% juga guru pamong sebesar 94% serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah melalui uji validitas oleh guru sebesar 92%. Sedangkan instrument pengukuran berwujud lembar pre-test serta post-test yang sesudah melalui uji empiris dan dinyatakan valid dengan reabilitas sebesar 0 752. Teknik analisis data kuantitatif dimanfaatkan dalam penelitian ini yakni tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diberikan kepada siswa. Hasil uji ANCOVA menggunakan aplikasi SPSS versi 21 menunjukkan bahwa secara statistik setelah kemampuan berpikir tingkat tinggi awal siswa dikontrol ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang signifikan antar kedua kelas dan pemberian Pembelajaran berbasis masalah dengan e-scaffolding mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperiment pada materi Gelombang Stasioner sebesar 11 4%. Hasil ini mengindikasikan bahwa e-scaffolding dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) bisa menaikkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi gelombang stasioner dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277354

Actions (login required)

View Item View Item