Pengaruh scaffolding konseptual pada hybrid group investigation terhadap problem solving skill fisika siswa SMA / Fitrah Listianing Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh scaffolding konseptual pada hybrid group investigation terhadap problem solving skill fisika siswa SMA / Fitrah Listianing Rahayu

Rahayu, Fitrah Listianing (2022) Pengaruh scaffolding konseptual pada hybrid group investigation terhadap problem solving skill fisika siswa SMA / Fitrah Listianing Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah (problem solving skill) perlu dikuasai oleh setiap individu sebagai tuntutan dari keterampilan abad XXI sekaligus dapat berkompetisi di masa mendatang. Keterampilan pemecahan masalah sebagian besar siswa tergolong rendah. Namun keterampilan pemecahan masalah dapat ditingkatkan melalui integrasi scaffolding konseptual dalam pembelajaran hybrid group investigation. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara kelompok siswa pada pembelajaran hybrid group investigation dan kelompok siswa dengan scaffolding konseptual pada pembelajaran hybrid group investigation. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Rancangan penelitian yang dipakai ialah pretest-posttest group design. Sampel penelitian diperoleh dari teknik cluster random sampling yakni kelompok dipilih secara acak dan diperoleh sampel kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMA Tunas Luhur Sumberanyar-Paiton. Kelas XI IPA 1 dengan 27 siswa sebagai kelompok eksperimen (kelompok siswa dengan scaffolding konseptual pada pembelajaran hybrid group investigation) dan kelas XI IPA II dengan 29 siswa sebagai kelompok kontrol (kelompok siswa pada pembelajaran hybrid group investigation). Instrumen penelitian berupa instrumen perlakuan (RPP dan LKPD) dan instrumen pengukuran (RPP LKPD dan tes keterampilan pemecahan masalah). Data penelitian berupa data keterampilan pemecahan masalah yang dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah penelitian pada kedua kelas. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis kovarians (ANCOVA). Namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat mencakup uji normalitas homogenitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan pemecahan masalah secara signifikan (nilai Sig sebesar 0 034 lt 0 05) antara kelompok siswa yang belajar dalam pembelajaran hybrid group investigation dan kelompok siswa yang belajar dengan strategi scaffolding konseptual pada pembelajaran hybrid group investigation. Hasil skor rerata keterampilan pemecahan masalah siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding skor rerata keterampilan pemecahan masalah siswa pada kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa scaffolding konseptual pada pembelajaran hybrid group investigation dengan memengaruhi keterampilan pemecahan masalah Fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277352

Actions (login required)

View Item View Item