Penerapan metode pembelajaran problem solving berbasis life skill dalam rangka meningkatkan keterampilan belajar berwirausaha pada siswa kelas X pemasaran di SMKN 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Eka Lestari Bawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran problem solving berbasis life skill dalam rangka meningkatkan keterampilan belajar berwirausaha pada siswa kelas X pemasaran di SMKN 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Eka Lestari Bawanti

Bawanti, Eka Lestari (2011) Penerapan metode pembelajaran problem solving berbasis life skill dalam rangka meningkatkan keterampilan belajar berwirausaha pada siswa kelas X pemasaran di SMKN 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Eka Lestari Bawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran problem solving berbasis life skill keterampilan belajar life skill Masalah yang dihadapi oleh guru di SMKN 1 Kraksaan dalam menyampaikan materi adalah kurangnya keaktifan siswa di kelas serta rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu seorang guru perlu mengupayakan untuk melakukan pembaharuan dalam pembelajarannya salah satunya dengan menerapkan pembelajaran Problem Solving berbasis Life skill. Problem Solving berbasis Life skill merupakan bentuk pembelajaran kontektual yang berbasis life skill dimana siswa dilatih untuk dapat memecahkan masalah dari kasus yang diberikan oleh peneliti studi kasus yang dibuat didasarkan pada aspek-aspek kecakapan hidup seperti kecakan personal kecakapan berfikir rasional kecakapan sosial dan kecakapan akademik. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Problem Solving berbasis Life Skill pada pokok bahasan Membuat Keputusan dan Mengelolah Konflik 2) untuk meningkatkan keterampilan belajar berwirausaha siswa 3) untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi saat berlangsung kegiatan pembelajaran Problem Solving berbasis Life Skill. Penerapan metode pembelajaran Problem Solving berbasis Life Skill berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas kecakapan hidup/ life skill karena kasus yang harus dipecahkan oleh siswa menuntut siswa agar dapat mengeksplorasi kecakapan personal kecakapan berfikir rasional kecakapan sosial dan kecakapan akademik siswa peningkatan hasil belajar siswa. Selain solusi dari pemecahan masalah yang diberikan oleh peneliti siswa juga harus dapat menghubungkan teori/ materi pada buku dengan keadaan dunia nyata membantu siswa untuk memahami materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran Problem Solving berbasis Life skill secara umum telah dilaksanakan dengan baik. 2) Siswa saling membantu saling berinteraksi tatap muka berdiskusi dengan guru dan teman tenggang rasa sopan dan mandiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa. 3) pada pelaksanaan siklus 1 berdasarkan hasil observasi pengamat menunjukkan taraf keberhasilan. Pada pelaksanaan siklus 2 terjadi peningkatan yang menunjukkan taraf keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa 1) Metode Pembelajaran Problem Solving berbasis Life Skill terbagi dalam 2 siklus 2) Metode Pembelajaran Problem Solving berbasis Life Skill dapat meningkatkan aktivitas kecakapan hidup/ life skill siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan dalam pembelajaran. 3) Metode Pembelajaran Problem Solving berbasis Life Skill dapat mencapai tujuan pembelajaran Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) Bagi guru mata diklat Kewirausahaan di SMKN 1 Kraksaan dianjurkan menerapkan Metode Pembelajaran Problem Solving berbasis Life Skill pada mata diklat kewirausahaan karena dapat meningkatkan aktivitas belajar kecakapan hidup dan hasil belajar siswa 2) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan aktivitas dan lebih termotivasi untuk meningkatkan aktivitas keterampilan hidup/ life skill 3) Bagi peneliti selanjutnya setiap lembar observasi diberi keterangan pemberian skor agar observer mempunyai acuan dalam memberi skor pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27735

Actions (login required)

View Item View Item