Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (study pada siswa kelas XI Program Keahlian Permesinan SMK PGRI 1 Magetan) / Merlyn Kelvinca Paradise

Paradise, Merlyn Kelvinca (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (study pada siswa kelas XI Program Keahlian Permesinan SMK PGRI 1 Magetan) / Merlyn Kelvinca Paradise. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Jigsaw, Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan merupakan komponen terpenting dalam pembangunan bangsa dan negara, kegiatan pendidikan berupa proses belajar mengajar/proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, sebab keberhasilan sebuah pendidikan sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh pelaksanaan pembelajaran. Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal sangat di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : siswa, kurikulum, tenaga kependidikan, biaya, sarana dan prasarana serta faktor lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada siswa kelas XI Permesinan di SMK PGRI 1 Magetan. (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada siswa kelas XI Permesinan di SMK PGRI 1 Magetan. (3 )Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa kelas XI Permesinan di SMK PGRI 1 Magetan. (4) Megetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa kelas XI Permesinan di SMK PGRI 1 Magetan. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Permesinan SMK PGRI 1 Magetan tahun ajaran 2010/2011. Data prestasi belajar siswa ditinjau dari dua aspek yakni aspek koqnitif dan afektif, aspek koqnitif dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil post tes siswa. Sedangkan aspek afektif dapat dilihat melalui setiap indikator elemen kooperatif mengalami peningkatan keaktifan. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penerapan Pembelajaran Kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu: (1) Guru mata pelajaran kewirausahaan, diharapkan dalam menerapkan pembelajaran model Jigsaw mengatur waktu, mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara optimal dan efesien. (2) Guru mata pelajaran kewirausahaan, diharapkan dalam menerapkan pembelajaran model Jigsaw menyiapkan soal-soal diskusi secara matang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27734

Actions (login required)

View Item View Item