Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PJ A pada mata pelajaran peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 3 Malang / Diana Khomsatul - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PJ A pada mata pelajaran peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 3 Malang / Diana Khomsatul

Khomsatul, Diana (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PJ A pada mata pelajaran peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 3 Malang / Diana Khomsatul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Two Stay Two Stray Hasil Belajar Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa. Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak mampu menjaga martabat tetapi salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah masalah lemahnya proses pembelajaran Begitu juga yang terjadi di SMK PGRI 3 Malang. Berdasarkan wawancara dan observasi pada hari kamis tanggal 14 April 2011 dengan guru mata pelajaran Peluang Baru dari Pelanggan kelas X PJ A di SMK PGRI 3 Malang permasalahan utama yang dihadapi oleh siswa adalah kemampuan rendah yang menyebabkan hasil belajar dari nilai ulangan atau tes ada yang meraih nilai di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) individu yaitu 70. Pada pengamata awal tersebut menunjukkan bahwa guru masih mendominasi atau cenderung berpusat pada guru (teacher centered) pada pembelajaran di kelas yang mana kesemuanya itu membuat siswa merasa jenuh dan kurang ada semangat atau ketertarikan lagi untuk menyukai pelajaran Peluang Baru dari Pelanggan. Salah satu model pembelajaran yang berkembang pada saat ini adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan/tim kecil secara heterogen. Pembelajaran kooperatif itu sendiri memiliki berbagai macam model pembelajaran beberapa diantaranya adalah model two stay two stray. Model two stay two stray (TSTS) dapat melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar. Pokok pikiran pembelajaran kooperatif model two stay two stray adalah memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keadaan penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Peluang Baru dari Pelanggan di SMK PGRI 3 Malang. (2) Untuk mengetahui keadaan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray. (3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang muncul selama diterapkannya pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray serta bagaimana solusinya pada mata pelajaran Peluang Baru dari Pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif terdiri dari dua siklus. masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan antara lain perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas X PJ A di SMK PGRI 3 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dokumentasi tes dan catatan lapangan. ii Analisis data yang digunakan melalui 3 tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada aspek kognitif siklus I menunjukkan 69.41% sedangkan siklus II menunjukkan 77.56% hal tersebut menjelaskan adanya peningkatan rata-rata sebesar 8.15%. sedangkan pada aspek afektif nilai rata-rata siklus I sebesar 67% dan pada siklus II sebesar 78%. Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 11%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan antara lain (1) Bagi guru SMK PGRI 3 Malang khususnya guru mata pelajaran Peluang Baru dari Pelanggan sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran model Two Stay Two Stray sehingga model ini disarankan untuk diterapkan di kelas tetapi disesuaikan dengan materi yang diajarkan (2) Bagi siswa hendaknya mengikuti pembelajaran tersebut dengan sungguh-sungguh karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat dapat memecahkan suatu permasalahan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa (3) Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian dengan situasi dan kondisi sekolah yang sama hendaknya menerapkan model pembelajaraan kooperatif yang lebih bervariasi sehingga kemampuan dan hasil belajar siswa lebih meningkat lagi. Serta pada lembar observasi sebaiknya lebih dispesifikkan lagi berdasarkan frekuensi setiap penilaian karakteristiknya sehingga akan tampak jelas apa yang dinilai pada proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27732

Actions (login required)

View Item View Item