Fitrianto, Wahid Nur (2011) Penerapan model pembelajaran group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi kasus pada siswa kelas X multimedia di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Wahid Nur Fitrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Group Investigation (GI) Motivasi Belajar hasil belajar. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berbagai upaya pendidikan telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan kajian-kajian dan pengembangan kurikulum di Indonesia secara bertahap konsisten dan disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan jaman. Salah satu metode pembelajaran yang berkembang pada saat ini adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu bentuk pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) mengetahui motivasi belajar siswa mengetahui hasil belajar siswa mengetahui kendala-kendala dan solusi yang dihadapi dan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada kelas X Multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di SMK Muhammadiyah 3 Singosari pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tidakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes cacatan lapangan dan angket motivasi siswa. Teknik analisis data melalui 3 tahap yaitu Data Reduction (Data Reduksi) data display (Penyajian Data) dan conclusion drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor tertinggi yang diperoleh adalah 4 45 dari skor maksimalnya adalah 5 00 dan termasuk dalam baik dan mendapatkan poin B. Pada siklus II skor tertinggi yang diperoleh adalah 4 7 termasuk dalam kategori sangat baik dan mendapat poin A. Walaupun peningkatannya kurang signifikan dan terdapat beberapa siswa yang justru mengalami penurunan akan tetapi secara keseluruhan pembelajaran ini mampu meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar. Selain itu penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan hasil nilai Pre dan Post Test sebelum dan sesudah penerapan model Group Investigation (GI). Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 29 siswa( 87 87%) sedangkan yang belum tuntas 4 siswa (12 12%) dari 33 siswa. Hasil siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan dengan siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa ( 93 93%) dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (6 06%). Walaupun pada
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |