Pengaruh model project based learning terintegrasi stem terhadap keterampilan berpikir kritis siswa MAN pada materi fluida dinamis / Muhammad David Hendrawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning terintegrasi stem terhadap keterampilan berpikir kritis siswa MAN pada materi fluida dinamis / Muhammad David Hendrawan

Hendrawan, Muhammad David (2022) Pengaruh model project based learning terintegrasi stem terhadap keterampilan berpikir kritis siswa MAN pada materi fluida dinamis / Muhammad David Hendrawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh dari model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa MAN pada materi fluida dinamis. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif jenis quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di MAN 4 Kediri pada bulan September 2022. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 70 siswa dengan pembagian 35 siswa kelas XI MIPA 3 (kelas kontrol) dan 35 siswa kelas XI MIPA 4 (kelas eksperimen). Kebaruan penelitian yaitu penggunaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM yang diujikan kepada siswa MAN pada materi fluida dinamis. Hasil penelitian menunjukkan model PjBL terintegrasi STEM memberikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa MAN pada materi fluida dinamis. Peningkatan yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai gain sebesar 0 8 (kategori tinggi) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai gain sebesar 0 5 (kategori sedang). Indikator-indikator berpikir kritis yang diujikan yaitu memfokuskan pertanyaan menganalisis argumen menjawab suatu penjelasan membuat dan menentukan hasil pertimbangan dan menghubungkan dan menilai asumsi yang tidak disebutkan. Hampir seluruh indikator menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang ditinjau dari nilai gain. Siswa kelas eksperimen juga memberikan respon positif terhadap model PjBL terintegrasi STEM ditinjau dari hasil angket siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277296

Actions (login required)

View Item View Item