Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis android menggunakan software adobe animate pada materi fluida statis / Fitriyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis android menggunakan software adobe animate pada materi fluida statis / Fitriyana

Fitriyana (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis android menggunakan software adobe animate pada materi fluida statis / Fitriyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis android pada materi fluida statis dan (2) mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis android pada materi fluida statis sehingga layak untuk digunakan. Penelitian ini mengguankan jenis Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan yang diadaptasi dari Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan terdiri dari tahap perencanaan desain dan pengembangan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket/kuisoner dengan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Pada tahap uji alpha dilaksanakan penilaian oleh 1 ahli materi dan 1 ahli media (dosen FMIPA UM) dalam rangka mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif. Di tahap uji beta dilaksanakan terhadap 1 guru fisika dan 20 orang siswa SMA Babussalam Malang yang sudah menempuh materi fluida statis untuk mengetahui keterbacaan media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut (1) produk dihasilkan dengan karakteristik berikut media pembelajaran bersifat interaktif dikemas dalam aplikasi android dan sesuai kurikulum 2013 dengan penerapan pendekatan saintifik. Media pembelajaran interaktif ini juga dilengkapi dengan soal evaluasi berbentuk kuis interaktif dan juga dilengkapi virtual lab sederhana pada setiap materi (2) produk yang digunakan memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase sebesar 94% oleh ahli media dan 93% oleh ahli materi pada item kesesuaian materi dan 100% pada item kebenaran konsep dalam tahap uji alpha. Uji beta oleh guru sebesar 95% pada item 1 dan 100% pada item 2. Uji beta oleh siswa sebesar 93% yang menunjukkan bahwa produk media pembelajaran interaktif dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277295

Actions (login required)

View Item View Item