Pemahaman konsep materi fluida statis melalui program resitasi siswa SMA Ar-rohmah International Islamic Boarding School DAU, Malang / Alifiyah Nindi Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konsep materi fluida statis melalui program resitasi siswa SMA Ar-rohmah International Islamic Boarding School DAU, Malang / Alifiyah Nindi Maghfiroh

Maghfiroh, Alifiyah Nindi (2022) Pemahaman konsep materi fluida statis melalui program resitasi siswa SMA Ar-rohmah International Islamic Boarding School DAU, Malang / Alifiyah Nindi Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak. Pemahaman konsep fisika menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran fisika. Namun beberapa penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa tergolong rendah terutama pada materi fluida statis. Beberapa penelitian sudah berupaya menggunakan program resitasi dan berhasil meningkatkan pemahaman konsep. Pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan melalui kemandirian belajar. Kemandirian belajar dapat menggunakan program resitasi tetapi program resitasi fluida statis yang tersedia belum banyak yang dilengkapi dengan pemaparan konsep dan belum mencakup siswa yang belajar dengan sistem sekolah formal dan asrama seperti siswa boarding school. Program resitasi yang ada banyak digunakan oleh mahasiswa untuk menunjang kemandirian belajar. Resitasi pada siswa masih jarang ditemukan karena kurangnya kemandirian belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep melalui program resitasi materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest-posttest. Program resitasi diberikan dalam bentuk animasi menarik berbantuan komputer di luar pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI Natural Science 1 di International Islamic Boarding School Ar-Rohmah Dau Malang. Instrumen penelitian meliputi program resitasi dan soal pretest-posttest yang telah valid. Data diperoleh dari hasil test pemahaman konsep yang didukung dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pada pemahaman konsep siswa yang dihitung melalui N-gain sebesar 0 45 dengan kategori sedang dan effect-size sebesar 1 68 dengan kategori kuat. Hasil ini menunjukkan bahwa program resitasi materi fluida statis mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa boarding school.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277293

Actions (login required)

View Item View Item