Pengembangan e-book berbasis multiple representasi sebagai upaya meningkatkan penguasaan konsep fisika materi suhu dan kalor siswa SMA / Aurelia Apriliyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book berbasis multiple representasi sebagai upaya meningkatkan penguasaan konsep fisika materi suhu dan kalor siswa SMA / Aurelia Apriliyani

Apriliyani, Aurelia (2022) Pengembangan e-book berbasis multiple representasi sebagai upaya meningkatkan penguasaan konsep fisika materi suhu dan kalor siswa SMA / Aurelia Apriliyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan buku elektronik merupakan suatu proses merancang bahan ajar yang sistematis dalam format elektronik. E-book merupakan bahan ajar yang dimodifikasi dari bahan ajar konvensional dengan memanfaatkan teknologi digital di dalam pembuatannya. Biasanya e-book dalam pembuatannya dibuat menarik dan interaktif. Selain itu di dalam e-book juga terdapat multimedia yang tidak ada di buku cetak seperti gambar animasi audio bahkan video bisa dipelajari secara bersamaan di dalam e-book. Salah satu materi fisika yang dapat di implementasikan ke dalam format buku elektronik yaitu suhu dan kalor. Materi suhu dan kalor bersifat abstrak sehingga perlu sesuatu untuk merpresentasikannya ke dalam bentuk nyata. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) atau yang sering disebut R amp D dengan salah satu metode yang digunakan yaitu 4D. Tahapan pada 4D yaitu define design development dan desminate. Tetapi pada penelitian ini direduksi menjadi 3 tahap untuk tahapan desminate atau penyebaran tidak dilakukan dikarenakan hanya sampai pada uji terbatas dari validasi ahli dan uji keterbacaan pada siswa. Subjek penelitian kali ini adalah salah satu sekolah di Kabupaten Banyuwangi yaitu siswa SMA kelas XI yang sudah menempuh materi suhu dan kalor. Dari hasil uji validasi oleh ahli materi dan media diperoleh persentase untuk isi media yaitu 85.37% dengan kategori valid dan mendapatkan revisi kecil. Karena pada pembuatan E-book memang perlu penyesuaian dari modul-modul sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan E-book yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran dan menunjang siswa dalam belajar. Pada hasil uji validasi konstruk diperoleh persentase sebesar 93.05% yang artinya E-book yang di desain dan di rancang memiliki kemudahan dalam penggunaanya sehingga sangat valid kemudahan dalam operasionalnya. Untuk uji keterbacaan pada respon angket siswa memperoleh persentase nilai rata-rata 85.37% dan dinyatakan praktis untuk pembelajaran dan layak digunakan untuk menunjang pemahaman konsep materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277292

Actions (login required)

View Item View Item