Pengembangan E-modul berbasis STEM dilengkapi soal HOTS untuk menerapkan hukum-hukum fluida statis dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SMA/MA/ Suci Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-modul berbasis STEM dilengkapi soal HOTS untuk menerapkan hukum-hukum fluida statis dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SMA/MA/ Suci Indah Sari

Sari, Suci Indah (2022) Pengembangan E-modul berbasis STEM dilengkapi soal HOTS untuk menerapkan hukum-hukum fluida statis dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SMA/MA/ Suci Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fluida statis merupakan salah satu materi fisika yang harus dipelajari dan masih memiliki tingkat pemahaman yang tergolong rendah. Salah satu alternatif bahan ajar yang mampu untuk menambah pengetahuan siswa tentang suatu konsep adalah e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan e-modul berbasis STEM dilengkapi soal HOTS untuk menerapkan hukum-hukum fluida statis dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) dengan menggunakan metode 4D. Metode 4D memiliki empat tahapan yang meliputi Define Design Development dan Disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Development karena hanya dilakukan sampai tahapan uji coba terbatas yang meliputi validasi oleh ahli dan uji kepraktisan media yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validasi media dan angket uji kepraktisan produk. Nilai persentase rata-rata sebesar 91 03% diperoleh dari hasil uji validasi media oleh dosen dan guru ahli materi dan media yang tergolong dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji kepraktisan media didapatkan nilai persentase rata-rata sebesar 84 6% yang menyatakan bahwa e-modul berbasis STEM dilengkapi soal HOTS yang dikembangkan tergolong sangat praktis digunakan untuk menunjang siswa SMA/MA dalam mempelajari pokok bahasan fluida statis secara mandiri atau dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277289

Actions (login required)

View Item View Item