Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 3 Malang / Farah Andri Sutanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 3 Malang / Farah Andri Sutanti

Sutanti, Farah Andri (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 3 Malang / Farah Andri Sutanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Group Investigation aktivitas belajar hasil belajar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta adanya globalisasi menuntut sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan jaman. Pendidikan merupakan suatu upaya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan sesuai tuntutan pembangunan bangsa dimana kualitas suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh faktor pendidikan.Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu program pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan pada siswa. Hasil belajar seseorang juga tergantung pada apa yang telah diketahui siswa seperti konsep-konsep tujuan dan motivasi. Jadi hasil belajar menjadi salah satu hal yang dapat dipengaruhi oleh kondisi siswa termasuk motivasi berprestasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui Bagaimanakah penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) pada mata pelajaran Ekonomi kelas X penjualan di SMK PGRI 3 Malang. 2) Mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X penjualan SMK PGRI 3 Malang. 3) Mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pada kelas X penjualan di SMK PGRI 3 Malang. Berdasarkan hasil belajar siswa pada aspek afektif pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan penilaian afektif siswa pada siklus I siswa yang tuntas dengan nilai 70 sebanyak 11 siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa dari jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Sedangkan pada siklus II ini siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dan yang belum tuntas sebanyak 3 orang. Sedangkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif mata pelajaran ekonomi nilai ulangan harian sebelum diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan SKM yaitu 70. Nilai ulangan harian pada siklus I menggunakan model GI siswa yang mendapat nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27726

Actions (login required)

View Item View Item