Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Akuntansi 1 mata pelajaran mengelola komunikasi bisnis SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Sony Surya Widarmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Akuntansi 1 mata pelajaran mengelola komunikasi bisnis SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Sony Surya Widarmanto

Widarmanto, Sony Surya (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Akuntansi 1 mata pelajaran mengelola komunikasi bisnis SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Sony Surya Widarmanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Aktivitas Hasil belajar Berdasarkan hasil observasi metode pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran Mengelola Komunikasi Bisnis di kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari masih disampaikan dengan metode ceramah dan pemberian tugas. Siswa mendengarkan apa yang diucapkan guru serta mencatat hal yang dianggap penting. Proses pembelajaran kurang melibatkan aktivitas siswa secara langsung sehingga siswa kurang aktif di kelas. Hal ini berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif sehingga suasana belajar lebih kondusif. Pembelajaran kooperatif mengarahkan siswa untuk belajar hidup bermasyarakat. Karena dalam pembelajaran kooperatif secara tidak langsung siswa dihadapkan pada kondisi-kondisi yang menggambarkan kehidupan di masyarakat diantaranya melalui diskusi kelompok diskusi kelas atau pun kondisi dimana siswa belajar berinteraksi dengan orang lain mengemukakan pendapat menerima perbedaan pendapat peduli terhadap sesama bekerja sama menganalisis dan menyelesaikan masalah serta berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi I di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini terbukti bahwa pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor aktivitas siswa yang diperoleh adalah 421 dan skor maksimalnya 560 dengan persentase nilai rata-rata 75 18% dan termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II skor aktivitas siswa yang diperoleh adalah 534 dan skor maksimalnya 560 dengan persentase nilai rata-rata 95 35% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Walaupun peningkatannya kurang signifikan akan tetapi secara keseluruhan pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu penilitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada saat akhir penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Jumlah siswa yang tuntas belajar pada saat pre-test sebanyak 7 siswa (16 28%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 36 siswa (83 27%). Hasil post-test siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan siswa yang tuntas sebanyak 37 siswa (86 05%) dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (13 95%). Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan siklus I yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 43 siswa (100%). Dari hasil tersebut terlihat bahwa adanya peningkatan tingkat pemahaman siswa yang cukup baik hal ini dikarenakan seluruh siswa sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi SMK Muhammadiyah 3 Singosari perlu menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) yaitu berupa pengadaan literatur guna mempermudah siswa dalam memperoleh informasi dan memperlancar proses belajar (2) Bagi guru mata pelajaran Mengelola Komunikasi Bisnis di SMK pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas karena tidak semua materi pelajaran cocok dengan model pembelajaran ini (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran hendaknya memakai media atau kartu nomor yang dipakai siswa pada lengan kanan atau dada agar memudahkan penelili atau observer dalam mengamati aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27725

Actions (login required)

View Item View Item