Widodo, Gigih Prasetyo (2011) Implementasi pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK YP 17 Pare) / Gigih Prasetyo Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kooperatif STAD Hasil Belajar Kewirausahaan. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan pada saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang ada selama ini ternyata cenderung membuat siswa sangat terbebani dengan materi dan tugas yang diberikan oleh guru sehingga siswa merasa bosan di dalam kelas. Oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Implementasi pembelajaran yang inovatif ini dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui implementasi strategi pembelajaran kooperatif untuk mendorong siswa menjadi student centre. Secara umum dan khusus penelitian ini bertujuan untuk memberikan inovasi pembelajaran dengan menawarkan pembelajaran kooperatif model STAD(Student Team Achievment Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang diimplementasikan pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK) atau sering disebut dengan Classroom Action Research. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif sumber data dari penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari hasil tes wawancara angket dan pengamatan di SMK YP 17 Pare Kediri. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Pemasaran 1 SMK YP 17 Pare Kediri. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dibantu dengan catatan lapangan observasi aktivitas guru dan siswa yang kemudian dianalisis melalui reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis data berupa teknik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II yang dapat diukur pada hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 95 % dan siklus II sebesar 100%. Terjadi peningkatan sebesar 5% . Selain itu peningkatan aktivitas juga dapat dilihat melalui penilaian hasil belajar aspek afektif . Terjadi peningkatan rata-rata persentase aspek afektif dari siklus I 86.62% ke siklus II 96.15%. Terjadi peningkatan sebesar 9.53%. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat melalui analisis nilai siswa pada aspek kognitif (test awal dan test akhir) yaitu pada siklus I setelah dilakukan tindakan rata-rata skor tes siswa 75.91 dengan persentase kelulusan belajar 70.73% pada siklus II setelah dilakukan tindakan skor rata-rata tes siswa menjadi 78.41 dengan persentase kelulusan belajar sebesar 82.93%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran 1 SMK YP 17 Pare Kediri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |