Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI Turen / Nina Krisdianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI Turen / Nina Krisdianingrum

Krisdianingrum, Nina (2011) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI Turen / Nina Krisdianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif Jigsaw aktivitas belajar prestasi belajar Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan di SMK PGRI Turen diperoleh informasi bahwa pembelajaran pada mata pelajaran Konfirmasi Keputusan Pelanggan masih didominasi oleh metode ceramah sehingga aktivitas dan prestasi belajar belum maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Konfirmasi Keputusan Pelanggan. Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dilaksanakan dalam dua siklus selama empat pertemuan. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tes dokumentasi wawancara angket dan catatan lapangan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMK PGRI Turen dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X Penjualan yang berjumlah 26 siswa. Mata pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah mata pelajaran Konfirmasi Keputusan Pelanggan. Untuk mengetahui kegiatan siswa selama proses pembelajaran maka dilakukan observasi dengan menggunakan instrumen lembar aktivitas. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar maka digunakan pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata pre test pada siklus I sebesar 64 65% sedangkan nilai rata-rata post test siklus I sebesar 76 34%. Hal ini mengalami kenaikan sebesar 11 69%. Demikian juga pada siklus II nilai rata-rata pre test siklus sebesar 66 07% sedangkan nilai rata-rata post test siklus II sebesar 77 84%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil post test siklus II mengalami peningkatan sebesar 10% dari post test siklus I. (2) Tanggapan yang diberikan siswa terhadap pembelajaran kooperatif model Jigsaw sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap siswa yang merasa senang dengan pembelajaran ini karena menuntut siswa untuk aktif sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton. (3) Tanggapan yang diberikan guru terhadap pembelajaran kooperatif model Jigsaw adalah model pembelajaran kooperatif memang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27723

Actions (login required)

View Item View Item