Penerapan pembelajaran kolaboratif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada mata pelajaran menata produk di kelas XI PM4 SMKN 1 Malang tahun ajaran 2010/2011) / Dana Permata Dam - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kolaboratif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada mata pelajaran menata produk di kelas XI PM4 SMKN 1 Malang tahun ajaran 2010/2011) / Dana Permata Dam

Damayanti, Dana Permata (2011) Penerapan pembelajaran kolaboratif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada mata pelajaran menata produk di kelas XI PM4 SMKN 1 Malang tahun ajaran 2010/2011) / Dana Permata Dam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kolaboratif Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dan Problem Solving (PS) Prestasi Belajar Siswa Upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna memajukan kualitas pendidikan adalah dengan menyempurnakan kurikulum yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini menuntut guru agar tidak selalu menggunakan metode konvensional tetapi juga menggunakan metode pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk selalu aktif. Kesediaan pendidik untuk mempelajari suatu hal yang baru dalam hal ini metode pembelajaran baru akan berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran secara maksimal Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Menata Produk menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau guru yang lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Dengan metode ini mayoritas siswa cenderung bosan dan pasif ini karena mereka terbiasa bergantung pada materi yang disampaikan guru. Siswa juga tidak aktif dalam mengikuti pelajaran. Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa adalah model pembelajaran Kolaboratif CIRC dan PS. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami materi pembelajaran dan memecahkan masalah yang terdapat pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pembelajaran yang dapat memahami materi pembelajaran dengan baik yaitu kolaborasi model CIRC dan PS. Metode ini diterapkan terdiri atas 8 tahap yaitu pembagian kelompok pemberian wacana yang sesuai dengan topik pembelajaran bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok mencari jawaban sementara pemecahan masalah yang diberikan mengumpulkan referensi pendukung dari jawaban mempresentasikan membuat kesimpulan dan evaluasi. Data dikumpulkan dengan cara observasi wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif model CIRC dan PS pada mata pelajaran Menata Produk berjalan dengan lancar walaupun pada saat pelaksanaan masih terdapat beberapa kekurangan. Selain itu prestasi belajar siswa juga terjadi peningkatan prestasi belajar. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut dapat dilihat dari antusiasme dan kerjasama siswa dalam belajar kelompok. Di samping itu siswa tampak aktif kreatif dan produktif dalam belajar. Kemampuan siswa dalam memhami materi secara cepat dan tepat pada mata pelajaran Menata Produk juga mengalami peningkatan. Dari 36 orang siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 80 55% (29 orang) sudah tuntas belajar. Sebelumnya siswa yang tuntas di siklus I hanya 17 siswa (47 2%). Nilai rata-rata kelas pada aspek kognitif mengalami kenaikan yaitu dari 58 2 di siklus I menjadi 79 86 di siklus II. Hal ini berarti terjadi kenaikan sekitar 21 66 yang berarti peningkatan ini cukup signifikan. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada aspek afektif juga mengalami kenaikan. Terjadi kenaikan persentase hasil belajar aspek afektif dari siklus I ke siklus II. Di siklus I rata-rata kelas sebesar 70 67 sedangkan di siklus II sebesar 80. Berarti terjadi kenaikan sebesar 9 33. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah agar pihak SMK Negeri 1 Malang tidak hanya memakai metode konvensional dalam pembelajaran sehari-hari tetapi juga memakai metode kooperatif agar siswa lebih aktif. Berdasarkan kecenderungan peningkatan yang terjadi pada setiap siklus apabila siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensinya secara rutin maka dapat diyakini kemampuannya akan bisa lebih ditingkatkan. Dalam penerapan model pembelajaran tersebut hendaknya guru memperhatikan alokasi waktu sesuai dengan apa yang sudah direncanakan serta guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas keterampilan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27721

Actions (login required)

View Item View Item