Penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran menemukan peluang baru pelanggan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu Malang) / Franu Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran menemukan peluang baru pelanggan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu Malang) / Franu Wijaya

Wijaya, Franu (2011) Penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran menemukan peluang baru pelanggan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu Malang) / Franu Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Role Playing Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Dunia pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan generasi muda bangsa agar mampu untuk menghadapi dan mengatasi segala macam akibat dari adanya perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam lingkungan. Oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Pemerintah dalam hal ini selalu memperbaiki kualitas pendidikan melalui UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003. Sampai hari ini dan seterusnya upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti pemerintah selalu mengupayakan agar kualitas pendidikan Indonesia semakin baik. Salah satunya melalui pembenahan di taraf pendidikan menengah kejuruan. Pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk mempersiapkan siswa pada dunia kerja serta tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu sekolah senantiasa berusaha menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki nilai UAN (Ujian Akhir Nasional) yang tinggi setiap tahunnya akan tetapi lulusan yang memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan zaman. Untuk mewujudkannya seorang guru dituntut untuk dapat membawa dirinya sebagai pembawa informasi dengan baik. Guru yang kreatif selalu mencari pendekatan baru dalam memecahkan masalah tidak terpaku pada cara tertentu yang monoton. Dalam memilih model pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran. Pada dasarnya tak ada model pembelajaran yang ampuh sebab setiap model pembelajaran yang digunakan pasti punya kelebihan atau kelemahan. Oleh karena itu dalam pembelajaran bisa digunakan berbagai model sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil wawancara awal yang dilakukan oleh peneliti yang menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar di sekolah masih banyak menggunakan metode ceramah dan kelompok diskusi dalam menyampaikan materi dan memberikan penugasan kepada peserta didik. Kondisi aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah merupakan masalah dalam kelas yang harus segera dipecahkan melalui tindakan nyata. Hal ini membutuhkan strategi agar siswa menjadi aktif di kelas baik bertanya maupun menjawab pertanyaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa model pembelajaran yang menyenangkan dan memenuhi kriteria untuk meningkatkannya dan mampu mengatasi kepasifan siswa adalah model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Role Playing aktivitas belajar siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran Role Playing hasil belajar siswa pada mata pelajaran menemukan peluang baru pelanggan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi hasil tindakan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pemasaran SMK Islam Batu yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan analisi data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Dengan penerapan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran menemukan peluang baru pelanggan Hasil belajar siswa meningkat cukup signifikan terbukti dari hasil nilai pre-test dan post-test pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata untuk pre-test 64 28 menjadi 72 14 pada siklus II dan post-test dari 71 78 pada siklus I meningkat menjadi 77 14 pada siklus II. Hasil Aktivitas belajar siswa menunjukkan hasil positif dari para siswa kelas X pemasaran SMK Islam Batu siswa lebih mudah memahami materi karena proses pembelajaran yang aktif dan juga kemampuan belajar siswa untuk mengungkapkan ide dan pendapat terjadi peningkatan dari siklus I dan II. Hal ini ditunjukkan dengan nilai observasi hasil aktivitas yang meningkat dari 74 33% (kategori C) di siklus I menjadi 91 66% (kategori A) pada siklus II. Dari uraian diatas menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu pada mata pelajaran menemukan peluang baru pelanggan sebelum dan setelah pelaksanaan model pembelajaran Role Playing. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diberikan saran yaitu (1) Guru mata Pelajaran Menemukan Peluang Baru Pelanggan disarankan untuk mulai mencoba menerapkan model pembelajaran Role Playing dalam proses pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Akan tetapi perlu juga ditunjang dengan pengelolaan waktu dan penggunaan model pembelajaran lainnya agar siswa tidak lagi kesulitan dalam pelaksanaannya (2) Perlu adanya pemberian motivasi untuk meningkatkan keberanian dalam mengungkapkan pendapat aktivitas dan motivasi siswa untuk mencapai peningkatan hasil belajar yang berkelanjutan (3) Untuk penelitian selanjutnya disarankan dalam pengelolaan waktu harus lebih cermat dan penggunaan media pembelajaran yaitu skenario harus benar-benar diperhatikan demi mencakupi semua materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27720

Actions (login required)

View Item View Item