Listriyaningsih, Diah Mei (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 2 Malang) / Diah Mei Listriyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Keaktifan Hasil Belajar Siswa Pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam proses pembangunan nasional. Sesuai dengan UU No. 20 Th 2003 tiap warga negara Republik Indonesia memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran dalam kelas. Dalam hal ini para siswa diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan keahlian dan kompetensi atau potensi dirinya untuk menjadi suatu warga negara yang memiliki kecerdasan akhlak mulia dan kemampuan untuk mengembangkan keahliannya baik bagi kemajuan diri masyarakat bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam memahami materi pembelajaran yang terdapat pada mata pelajaran Kewirausahaan dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). TSTS yang diterapkan terdiri atas 6 tahap yaitu pembagian kelompok pemberian wacana yang sesuai dengan topik pembelajaran bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok mempresentasikan membuat kesimpulan dan evaluasi. Data dikumpulkan dengan cara observasi wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif karena data yang diperoleh dinyatakan bersifat deskriptif. Dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini adalah (1) sebelum diberikan tindakan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal Pre-Test Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 5 orang siswa (19 23%) dan siswa yang tidak tuntas belajar adalah siswa 21 orang siswa (80 77%). Sedangkan setelah tindakan diberikan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal Post-Test Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 19 orang siswa (73 08%) dan yang belum tuntas 7 orang siswa (26 92%). (2) Sebelum diberikan tindakan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal Pre-Test Siklus II jumlah Siswa yang tuntas belajar adalah 20 siswa (76 92%) dan siswa yang tidak tuntas belajar adalah 6 siswa (23 08%). Sedangkan setelah tindakan diberikan atau ii pada saat siswa sudah mengerjakan soal Pos-Test Siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 23 siswa (88 47%) dan yang belum tuntas 3 siswa (11 53%). Nilai rata-rata kelas pada aspek kognitif mengalami kenaikan yaitu dari 61 54% di siklus I menjadi 88 47% di siklus II. Hal ini berarti terjadi kenaikan sekitar 26 93% yang berarti peningkatan ini cukup signifikan. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada aspek afektif juga mengalami kenaikan. Terjadi kenaikan persentase hasil belajar aspek afektif dari siklus I ke siklus II. Di siklus I rata-rata kelas sebesar 62 08 sedangkan di siklus II sebesar 80 79. Berarti terjadi kenaikan sebesar 18.71. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah agar pihak SMK Ardjuna 2 Malang tidak hanya memakai metode konvensional dalam pembelajaran sehari-hari tetapi juga memakai metode kooperatif agar siswa lebih aktif. Dalam penerapan model pembelajaran tersebut hendaknya guru memperhatikan alokasi waktu sesuai dengan apa yang sudah direncanakan serta guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas keterampilan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |