Implementasi pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Laila Rahmasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Laila Rahmasa

Rahmasari, Laila (2011) Implementasi pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Laila Rahmasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Two Stay Two Stray kemampuan berpikir kritis siswa kemampuan berkomunikasi siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran Kewirausahaan kelas X Pemasaran (PM) SMK Muhammadiyah 2 Malang dapat diidentifikasikan beberapa masalah antara lain metode diskusi kelompok kecil masih belum dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar yang dicapai juga belum maksimal. Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis siswa belum dikelola dengan baik. Kendala lain yang dapat diidentifikasikan adalah kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi. Pada proses pembelajaran ini tampak indikator kemampuan komunikasi belum terpenuhi yaitu kemampuan menyampaikan pikiran dan perasaan kemampuan memahami orang lain kemampuan memberi dukungan dan kemampuan mengungkapkan diri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kooperatif model TSTS pada siswa (2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model TSTS (3) Mengetahui kemampuan berkomunikasi siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model TSTS (4) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran kooperatif model TSTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi catatan lapangan pedoman wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data display data dan verifikasi data. Penelitian dilaksanakan di kelas X PM SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan jumlah siswa 29 orang pada mata pelajaran Kewirausahaan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran kooperatif model TSTS pada kelas X PM SMK Muhammadiyah 2 Malang sudah baik. (2) Implementasi pembelajaran kooperatif model TSTS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siklus I ke siklus II sebesar 50.9% menjadi 87.7% (3) Implementasi pembelajaran kooperatif model TSTS dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siklus I ke siklus II sebesar 50% menjadi 69.5% (4) Penelitian ini tidak mungkin bisa berjalan mulus pasti ada kendala dan solusi untuk memecahkan kendala tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan saran yang diberikan oleh peneliti adalah (1) Guru SMK Muhammadiyah 2 Malang diharapkan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif yang inovatif agar siswa termotivasi dan dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal (2) Kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 Malang hendaknya lebih mengoptimalkan persentase kehadiran atau interaksi tatap muka siswa (3) Siswa hendaknya lebih meningkatkan kreativitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat dan bisa lebih serius dalam mengikuti pelajaran agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik (4) Penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk mencari solusi bagaimana cara guru mengontrol atau membuat para siswa lebih menghargai guru ketika sedang ada di depan kelas memberikan bimbingan atau pelajaran. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27717

Actions (login required)

View Item View Item