Irsyadah, Endang (2011) Penerapan metode Question Student Have (QSH) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas X B Akuntansi di SMK PGRI Pakisaji Malang) / Endang Irsyadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Question Have (QSH) Motivasi Hasil Belajar Kewirausahaan. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia berbagai upaya pendidikan telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan kajian-kajian dan pengembangan kurikulum di Indonesia secara bertahap konsisten dan disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan jaman. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan. Salah satu metode pembelajaran yang berkembang pada saat ini adalah pembelajaran aktif. Salah satu bentuk pembelajaran aktif adalah metode Question Student Have (QSH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran QSH pada kelas X Akuntansi B SMK PGRI Pakisaji pada mata pelajaran Kewirausahaan mengetahui motivasi belajar siswa pada kelas X Akuntansi B SMK PGRI Pakisaji setelah menerapkan metode QSH pada mata diklat Kewirausahaan mengetahui hasil belajar siswa pada kelas X Akuntansi B SMK PGRI Pakisaji setelah menerapkan metode QSH pada mata pelajaran Kewirausahaan mengetahui kendala-kendala dan solusi yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran QSH pada kelas X Akuntansi B SMK PGRI Pakisaji pada mata pelajaran Kewirausahaan penerapan model pembelajaran QSH pada kelas X Akuntansi B SMK PGRI Pakisaji dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di SMK PGRI Pakisaji pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi B SMK PGRI Pakisaji Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan dan angket motivasi siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu data reduction (reduksi data) data display (penyajian data) dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor tertinggi yang diperoleh adalah 45 dan skor maksimalnya adalah 52 dengan presentasi nilai rata-rata 86 54% dan termasuk dalam kategori baik dan mendapatkan poin B. Sedangkan skor terendah adalah 34 dengan skor maksimal 52 dengan presentase nilai rata-rata yaitu 65 38% dan termasuk dalam kategori cukup dan mendapat poin C. Pada siklus II skor tertinggi yang diperoleh adalah 52 dengan nilai rata-rata 100% dan termasuk dalam kategori sangat baik dan mendapat poin A. Sedangkan skor terendah adalah 35 dengan skor maksimal 52 presentasi nilai rata-rata yaitu 67 3% dan termasuk dalam kategori baik dan mendapat poin B. Peningkatan yang signifikan dan secara keseluruhan pembelajaran ini mampu meningkatkan motivasi dan aktifitas belajar. Selain itu penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan hasil pre test dan post test sebelum penerapan metode QSH dan jumlah siswa yang tuntas belajar pada saat pre test dan post test. Hasil pre test terdapat sebanyak 6 siswa (15 8%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 32 siswa (84 2%). Hasil setelah tindakan (post test) menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan siswa yang tuntas sebanyak 33 siswa (86 8%) dan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (13 1%). Walaupun pada setelah tindakan masih terdapat siswa yang belum tuntas ini adalah hal yang wajar karena cukup sulit untuk mencapai taraf keberhasilan 100% siswa tuntas semua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |