Penerapan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas viii MTS Miftahul Qulub Pamekasan pada materi statistika melalui pendekatan rme / Zavira Putri Paramita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas viii MTS Miftahul Qulub Pamekasan pada materi statistika melalui pendekatan rme / Zavira Putri Paramita

Paramita, Zavira Putri (2022) Penerapan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas viii MTS Miftahul Qulub Pamekasan pada materi statistika melalui pendekatan rme / Zavira Putri Paramita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh pemahaman konsep siswa yang rendah terhadap materi statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran TPS guna meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada mata pelajaran Statistika melalui pendekatan RME. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek 28 siswa kelas VIII B di MTs Miftahul Qulub Pamekasan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini mencakup empat tahapan yakni tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengamatan dan tes. Data yang didapatkan merupakan data kualitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dari hasil yang sudah dianalisis dinyatakan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran TPS yang dipadukan dengan pendekatan RME kemampuan siswa memahami konsep meningkat. Tahapan model pembelajaran TPS yang dipadukan dengan pendekatan RME yang mampu meningkatkan pemahaman konsep yakni (1) Think (Berpikir) tahap memahami dan menyelesaikan masalah kontekstual mengenai ukuran pemusatan dan penyebaran data dengan berpikir secara individu (2) Pair (Berpasangan) tahap memunculkan interaksi dengan membentuk siswa menjadi berpasang-pasangan guna membandingkan dan mendiskusikan hasil jawaban (3) Share (Berbagi) tahap mempresentasikan hasil diskusi dan menarik kesimpulan atas pambelajaran yang telah dipelajari. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa mencapai kategori ldquo Tinggi rdquo yaitu lebih dari 70% siswa memperoleh skor 2 pada tiap indikator pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277138

Actions (login required)

View Item View Item