Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii a mts darul karomah / Rifa Datul Lanicha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii a mts darul karomah / Rifa Datul Lanicha

Lanicha, Rifa Datul Lanicha (2022) Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii a mts darul karomah / Rifa Datul Lanicha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada setiap jenjang pendidikan terdapat mata pelajaran penting yang harus siswa peroleh salah satunya adalah matematika. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan untuk berpikir kritis. Dari hasil studi pendahuan yang dilakukan dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VII A MTs Darul Karomah masih rendah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuri yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII A MTs Darul Karomah. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan terdiri atas 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada 26 Oktober 2022 ndash 12 November 2022. Penelitian ini menggunakan instrument berupa RPP LKPD Lembar Observasi Kegiatan Siswa Lembar Observasi Kegiatan Guru dan soal tes siklus. Pada siklus 1 hasil tes kemapuan menunjukan bahwa 67 9% siswa telah mencapai kategori minimal cukup kritis dan pada siklus 2 hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa mencaapai 92 9% siswa mencapai kategori minimal cukup kritis. Sedangkan untuk hasil lembarobservasi kegiatan guru dan siswa pada siklus 1 berada pada kategori baik dan pada siklus 2 hasil lembar observasi kegiatan guru dan siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa metode inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII A MTs Darul Karomah dengan tahap 1) Orientasi guru menyajikan masalah kontekstual yang dapat menumbuhkan rasa penasaran siswa 2) merumuskan masalah guru menunjuk siswa untuk membuat pertanyaan tentang masalah yang disajikan sebelumnya 3) mengajukan hipotesis guru meminta siswa membuat dugaan atas pertanyaan yang dibuat sebelumnya 4) mengumpulkan data guru memint siswa mengerjakan LKPD kemudian guru berkeliling kelas dan mengkonfirmasi jawaban siswa untuk mamastikan informasi yang siswa dapat tepat 5) menguji hipotesis guru mengajak siswa untuk berdiskusi bersama tentang dugaan yang dibuat apakah telah sesuai dengan informasi atau data yang didapatkan sebelumnya 6) merumuskan kesimpulan guru meninta siswa yang terlihat pasif untuk menyampaikan kesimpulan kemudian guru mengkonfirmasi kesimpulan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277126

Actions (login required)

View Item View Item