Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan ispring suites 10 untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik / Muhammad Zeft Abel - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan ispring suites 10 untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik / Muhammad Zeft Abel

Abel, Muhammad Zeft (2022) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan ispring suites 10 untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik / Muhammad Zeft Abel. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil studi pendahuluan peserta didik di SMP Negeri 10 Malang mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang sebagian besar masih dalam kriteria cukup. Model pembelajaran yang berlangsung guru masih menjadi pusat belajar dan media pembelajaran belum digunakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan ISpring Suites 10 untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen tes akhir siklus lembar observasi dan perangkat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) di SMP Negeri 10 Malang. Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas VIII J. Hasil yang diperoleh yaitu penerapan model pembelajaran PBL berbantuan ISpring Suites 10 menggunakan langkah-langkah antara lain 1) guru menyajikan sebuah permasalahan terkait materi 2) peserta didik menerima apersepsi 3) peserta didik termotivasi untuk mengerjakan LKPD berbantuan ISpring Suites 10 4) peserta didik berkelompok 5) peserta didik menyelesaikan LKPD berbantuan ISpring Suites 10 6) peserta didik menyajikan hasil diskusinya dalam ISpring Suites 10 7) guru memilih 2 kelompok untuk presentasi 8) peserta didik menyimpulkan dan melakukan refleksi terhadap hasil diskusi dan kegiatan pembelajaran. Persentase kemampuan komunikasi matematis peserta didik minimal berkriteria baik siklus 1 dan siklus 2 berturut turut adalah 77 78% dan 88 89% karena persentase peserta didik yang minimal memiliki kriteria baik lebih dari 80% maka memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga hasil PTK menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan ISpring Suites 10 dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277122

Actions (login required)

View Item View Item