Penerapan pembelajaran kooperatif model number head together (NHT) pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Kartini Jember) / Diah Rizki Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model number head together (NHT) pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Kartini Jember) / Diah Rizki Pratiwi

Pratiwi, Diah Rizki (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model number head together (NHT) pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar (studi pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Kartini Jember) / Diah Rizki Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci NHT (Number Head Together) Prestasi Belajar. Pendidikan nasional memegang peranan penting dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya serta pembangunan bangsa Indonesia Guru sebagai mesin penggerak pembaharuan pendidikan dalam upayanya mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada setiap peserta didik. Tidak terlepas dari kesemuanya itu sikap guru gaya bicara atau tutur kata ataupun cara penyampaian materi yang baik sangatlah menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran yang diharapkan. Akan tetapi jika komunikasi antara guru dengan peserta didik kepada guru tidak terjalin dengan baik maka hasil pembelajaran yang telah diajarkan akan tidak sejalan dengan apa yang telah diharapkan. Salah satu model pembelajaran yang telah disempurnakan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah model pembelajaran kooperatif Pembelajaran kooperatif telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai penelitian tujuannya untuk meningkatkan kerjasama akademik antar siswa membentuk hubungan positif mengembangkan rasa percaya diri serta meningkatkan kemampuan akademik melalui aktivitas kelompok. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat saling ketergantungan positif di antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setiap siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk sukses. Aktivitas belajar berpusat pada siswa dalam bentuk diskusi mengerjakan tugas bersama saling membantu dan saling mendukung dalam memecahkan masalah. Melalui interaksi belajar yang efektif mahasiswa lebih termotivasi percaya diri mampu menggunakan strategi berpikir tingkat tinggi serta mampu membangun hubungan interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran Kewirausahaan X Pemasaran SMK Kartini Jember (2) Mengetahui prestasi belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran Kewirausahaan dan (3) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X Pemasaran SMK Kartini Jember. Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Alat pengumpulan data menggunakan Soal tes lembar observasi lembar catatan lapangan angket dokumentasi dan wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan Perpanjangan Keikutsertaan Ketekunan / Keajegan Pengamatan Triangulasi Pemeriksaan Sejawat Melalui Diskusi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMK Kartini Jember tahun ajaran 2010/2011. Data untuk prestasi belajar Kewirausahaan siswa dapat diperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama sebesar 79 1% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 81 1%. Sedangkan Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana siklus pertama rata-rata sebesar 76 1% dan pada siklus kedua menjadi sebesar 97 8%. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari Penerapan model Number Head Together (NHT) yaitu (1) Penerapan Model Number Head Togeth (NHT) pada siswa kelas X-1 SMK Kartini Jember dapat meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. (2) Prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X-1 SMK Kartini Jember setelah diterapan Model Number Head Togeth (NHT) meningkat. (3) Ketuntasan belajar kewirausahaan siswa kelas X-1 SMK Kartini Jember setelah diterapkan Model Number Head Together (NHT) meningkat dan respon siswa sangat baik dalam penerapan model Number Head Togethe (NHT). Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Bagi Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan lainnya hendaknya memulai mencoba menerapkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam proses pembelajaran di kelas karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa menjadi lebih baik. (2) Bagi Depdiknas hendaknya lebih mensosialisasikan penerapan berbagai model pembelajaran seperti Number Head Together (NHT) dengan cara memberikan penyuluhan workshop/seminar mengingat minimnya informasi yang diterima oleh guru/calon guru. (3) Dalam proses belajar mengajar diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT). Sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh apabila hal tersebut terjadi maka kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran akan berkurang. (4)Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran mata pelajaran/mata diklat lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27712

Actions (login required)

View Item View Item